Perayaan Hari Pendidikan Nasional Di Samosir Berjalan Baik dengan Thema “Nyalakan Pelita”

Partukkoan-Samosir

Hari ini, serentak di Negara Republik Indonesia merayakan Perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Moment bersejarah itu juga tidak luput dari perhatian daerah Samosir dalam mengenang sejarah dan pahlawannya, atau mengenang sejarah pendidikan di negara ini dengan Filosofinya, “Tutwuri Handayani”.

Kemajuan Pendidikan didalam satu daerah merupakan suatu cakupan kemajuan dalam segala bidang terutama dibidang pembangunan Sumber Daya Manusianya, dimana sesuai cita-cita kita dalam Pemekaran daerah ini untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lainya di Indonesia.
 
Foto Muspida bersama Siswa Siswi Samosir | Fb
 “Moment ini, Pemerintah Kabupaten Samosir juga tidak mau kalah dengan belajar dan belajar untuk mengejar ketertinggalan selama ini dan terus memproritaskan kemajuan mutu pendidikan yang lebih baik dengan mengikuti berbagai program pemerintah pusat untuk menciptakan para siswa-siswi yang berprestasi bahkan saat ini anak-anak kita sudah banyak melanjutkan study di perguruan tinggi yang ternama di negara ini ucap,” Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir Drs Marulak Malau Kepada Partukkoan.com, Senin (2/5) usai upacara perayaan Hardiknas Dilapangan SMA Negeri 1 Pangururan Kabupaten Samosir.

Adapun Perayaan Hardiknas yang digelar disamosir berjalan dengan baik dan penuh hikmah yang dipimpin Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon, unsur Muspida Plus, Pimpinan SKPD, Para Camat, Lurah serta ribuan siswa-siswi utusan sekolah didaerah itu.

Sementara itu Sesuai kata sambutan Pidato Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Anies Baswedan,Ph.D yang dibacakan Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon Mengatakan bahwa Hari Pendidikan Nasional kita rayakan sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia dan Presiden Joko Widodo juga menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global jika tinggi kualitas manusianya.

Lebih lanjut, manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa. Segala capaian yang kita raih sebagai individu maupun sebagai bangsa kolektif tak lepas dari persinggungan dengan pendidikan. Mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera. Maka memastikan setiap manusia Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya sama dengan memastikan kejayaan dan keberlangsungan bangsa.

Salah satu dukungan yang perlu kita berikan pada anak-anak Indonesia adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya. Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi.

Karakter terdiri dari dua bagian. Pertama, karakter moral, sesuatu yang sering kita bicarakan. Karaker moral itu antara lain adalah nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, intergitas, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih, sopan santun. Yang kedua dan tak kalah pentingnya adalah karakter kinerja. Di antara karakter kinerja adalah kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi, dan kepemimpinan. Kita ingin anak-anak Indonesia menumbuhkan kedua bagian karakter ini secara seimbang.

Kita tak ingin anak-anak Indonesia menjadi anak yang jujur tapi malas, atau rajin tapi culas. Keseimbangan karakter baik ini akan menjadi pemandunya dalam menghadapi lingkungan perubahan yang begitu cepat, Hari Pendidikan Nasional ini kita rayakan karena kita termasuk di antara yang sudah merasakan dampaknya.

Maka pada bulan Mei ini, di mana Hari Pendidikan Nasional terletak, ayo kita ikut bergerak, ikut terlibat dalam memperluas dampak pendidikan terhadap saudara-saudara sebangsa yang belum sepenuhnya merasakan kesempatan itu.

Karena itulah pada tahun ini kita memilih tema “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita” sebagai tema keriaan Hari Pendidikan Nasional. Kita ingin pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya.

Mari kita perluas keriaan pendidikan dan kebudayaan selama sebulan ke depan. Kita bayar balik apa yang telah kita dapatkan dari pendidikan, kita gelorakan semangat bergerak untuk pendidikan, dan kita teruskan ikhtiar bersama ini.

Kepada semua yang telah merasakan manfaat pendidikan dan di bulan pendidikan ini, sapalah para pendidik kita dulu. Tanyakan kabarnya, ucapkan terima kasih dan tunjukkan apreasiasi pada mereka, para pendidik dan pejuang pendidikan.

“Lalu mari sama-sama kita tetapkan bahwa ikhtiar memajukan pendidikan akan kita lanjutkan dan kembangkan,” himbaunya. (P-1)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Hatoguan Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment