Hebat, Purwakarta Menjadi Salah Satu Kota Paling Toleran

Partukkoan

Purwakarta diakui sebagai kota yang mempunyai komitmen nyata karena telah melaksanakan peraturan itu dalam bentuk perlindungan atas kebebasan beragama dan berkeyakinan bagi kaum minoritas maupun minoritas didaerahnya ini. Kita sedih Jawa Barat termasuk daerah paling intoleran tetapi justru di daerah paling intoleran ini ada Purwakarta yang menjadi Kabupaten paling toleran di Indonesia.

Demikian dikatakan Ketua Komnas HAM Imdadun Rahmat ketika pihaknya menyambangi Purwakarta, Jawa Barat Sabtu (4/6/2016) dalam rangka berdiskusi sekaligus memverifikasi surat edaran tentang kebebasan agama dan berkeyakinan.

Berdasarkan laporan, Purwakarta telah melaksanakan surat edaran tersebut dengan baik sesuai dengan koridor konstitusi. Atas dasar itulah ia juga menyampaikan bahwa Dewan HAM Perserikatan Bangsa-bangsa memasukan Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu calon penerima anugerah penghargaan daerah paling toleran di Indonesia.

Imdadun melihat di Purwakarta tidak pernah ada pembubaran upacara peribadatan yang melibatkan kaum minoritas ataupun mayoritas. Sehingga menurutnya sangat wajar jika Purwakarta menjadi daerah percontohan bagi perlindungan kebebasan beragama dan berkeyakninan di Indonesia. "Saya kira Purwakarta menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk beragama dan berkeyakinan," katanya.

Imdadun meminta melakukan efektifitas kerjasama dan kemitraan yang telah dibangun antara Komnas HAM dengan Purwakarta. Komnas HAM juga mengajak agar setiap kepala daerah tidak berdiam diri ketika menghadapi apapun bentuk gerakan intoleran yang menyerang wilayahnya.

Tugas kepala daerah dn jajarannya kata dia, adalah tidak berdiam diri menghadapi hal seperti itu. Purwakarta sudah luar biasa menghadapi gangguan intoleransi. “Saya kira semua tata cara beragama dan berkeyakinan memang harus dihormati," ucap Imdadun.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment