Kasek SMPN 1 Pangururan: Semboyan Anakhonhi Do Hamoraon Diau Telah Bergeser


Partukkoan - Samosir

Semboyan Anakhonhi Do Hamoraon Diau saat ini telah bergeser dari tanah batak. hal ini diungkapkan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pangururan Teksin Oberia Simbolon, S.Pd dihadapan ratusan orang tua/ wali, Sabtu (11/06/2016) di Aula SMP Negeri 1 Pangururan.

Pengamatan Partukkoan, tampak kekecewaan itu terlihat di raut wajah Teksin ketika melihat jumlah orang tua atau wali yang hadir untuk menerima pengumuman kelulusan para anak mereka. Padahal menurut Teksin, sebelum pelaksanaan Ujian Nasional dilaksanakan, pihak orang tua telah diundang untuk rapat bersama dengan para guru dalam sosialisasi menghadapi ujian nasional.

“Dua ratus delapan puluh anak didik di sekolah ini, berarti seharusnya jumlah orang tua yang hadir dua ratus delapan puluh orang tua, tapi saya melihat tidak seperti yang kami harapkan. Mudah-mudah ketidakhadiran orang tua karena halangan yang baik,” ucapnya.

Lebih lanjut, Teksin mengatakan, dari 280 jumlah siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN) serta Ujian Sekolah, dengan kriteria 132 siswa laki-laki dan 148 siswa perempuan semuanya dinyatakan lulus dengan hasil yang cukup memuaskan.

Hal itu terbukti salah satu siswa SMP Negeri 1 Pangururan ada yang masuk ke SMA Unggulan Del atas nama Leonel Naibaho. "Tentu itu suatu prestasi yang membanggakan dan berharap seluruh siswa yang lulus lainnya menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa serta mereka berhasil masuk di SMA favorit yang diinginkannya," tutur Teksin.

Diterangkannya, adapun prestasi yang berhasil diraih siswa-siswinya pada tahun 2015-2016 yaitu juara 1 Tingkat Nasional LPIR di bali pada Oktober 2015, Juara 1 Matematika dan juara 1 IPS dalam Olimpiade Siswa Nasional (OSN), Juara 1 IPA Kelas VII Tingkat Kabupaten Samosir, juara 1 Bahasa Inggris Kelas VII, juara 1 Matematika kelas VIII, juara 2 Bahasa Inggris kelas VIII, juara 2 Bahasa Inggris kelas VIII, juara 3 Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VII,  dan harapan 1 Matematika kelas VII kemudian juara 3 Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VII,  harapan 1 Matematika VII dan juara harapan 2 Bahasa Indonesia kelas VII.

Sementara untuk Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Kabupaten, SMP Negeri 1 Pangururan meraih juara 1 Musik Tradisional, juara 1 Story tceling, juara 1 Cipta Cerpen, juara 1 Vocal Solo, juara 1 Tari Kreasi, juara 2 untuk Vocal Group, juara 2 Melukis dan juara Baca Puisi serta menjadi juara IV pada Olimpiade SMA Del Balige dan juara VII Olimpiade MIPA Unimed tingkat Propinsi.

Selain SMPN 1 Pangururan, Seluruh siswa SMP Negeri 1 Simanindo juga turut dinyatakan lulus 100%. Hal itu dibenarkan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Simanindo Pinus Sihaloho S.Pd kepada wartawan Senin (13/06/2016) melelalui seluler.

“Total siswa yang ikut ujian sebanyak 212 siswa dengan kategori 106 laki-laki dan 106 perempuan,” ucap Sihaloho.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment