Rio: Samosir Maju Tergantung Pada Kita

Rio Silalahi
Partukkoan - Samosir

Seorang warga samosir, Rio Silalahi mengatakan bahwa kemajuan Samosir bukan hanya terletak pada kemampuan Pemerintah Daerah tapi juga tergantung bagaimana kita ikut berpartisipasi dalam pembangunan di dalamnya. "Samosir Maju Tergantung Pada Kita," demikian katanya pada disebuah warung saat bincang-bincang dengan Partukkoan.com, Jumat (17/06/2016) malam.

Menurutnya, kesadaran warga samosir dalam pembangunan merupakan salah satu hal yang paling utama, tanpa kesadaran maka mustahil pembangunan dapat berjalan dengan baik. "Jika tidak ada kesadaran, maka pembangunan akan berjalan ditempat," ungkap pria yang tinggal di terminal onan baru itu.

Rio menilai, sampai saat ini Samosir belum menunjukkan perubahan yang signifikan kearah yang lebih baik. Meski demikian dirinya tetap yakin jika ada kolaborasi yang baik antara warga samosir dengan pemerintah maka Samosir pasti akan lebih baik. 

"Sebahagian besar masyarakat mungkin belum menyadari, tapi jika ada pendekatan terarah yang dilakukan pemerintah kepada Masyarakat maka samosir akan berkembang. Saya percaya itu," kata pria dengan pendidikan Sarjana Hukum itu.

Lebih lanjut dikatakannya, Samosir memiliki sumber daya alam yang hebat, termasuk di dalamnya hasil bumi. Hanya saja kita sebagai warga samosir jangan setengah hati berpartisipasi. Kemudian, untuk potensi sumber daya manusianya, baiknya mencoba untuk membuka lapangan kerja.

"Dengan modal sedikit dan niat, pastilah bisa buka lapangan kerja. Banyak yang mau dikerjakan, buka kolam ikan, buka rumah makan, buka peternakan. Ngga harus cari-cari subsidi dari pemerintah, asal ada kemauan pasti bisa," kata Silalahi.

Dia juga mengajak para generasi muda secara khusus pemuda/i asal Bona Pasogit Samosir, baik yang tinggal di kampung maupun di perantauan, agar tetap berkarya dan mau memberikan hati untuk tanah kelahiran tercinta samosir. "Mari Martabe (Marsipature Huta na be)," tutupnya.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment