Anggota Kopassus Tewas Tertembak, Ini Kata Panglima TNI

Partukkoan - JAKARTA 

Tewasnya seorang anggota Kopassus Serda Muhammad Ilman akibat tertembak Satuan Bravo Brimob dalam operasi lanjutan Tinombala Rabu kemarin dibenarkan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Benar sekira jam 13.30 WITA kemarin telah terjadi insiden, tertembaknya satgas atas nama Serda Ilham. Kata-kata 'ter' artinya tidak disengaja," kata Gatot selesai menghadiri acara sertijab Kemenko Polhukam di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (28/7/2016).
Ilustrasi | net
Gatot juga menegaskan saat itu tidak ada terjadi baku tembak antar kedua satuan, karena Serda Ilham dan kawan - kawan tahu bahwa Sat Bravo adalah rekan mereka dalam Operasi Tinombala.

Menurut informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Serda Muhammad Ilman saat kejadian sedang melaksanakan tugas mencari senjata yang diduga ditimbun oleh kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Ilham dan 6 rekannya berada dalam Tim Sandhi Yudha Kopassus, sekitar Pukul 11.00 Wita hendak mengambil senjata anggota kelompok MIT pimpinan Santoso yang ditimbun di salah satu gua di daerah pegunungan Towu Desa Towu, namun diduga mis komunikasi karena tidak melaporkan kegiatan di pos sekat.

Kemudian sekira pukul 12.00 Wita, anggota Brimob di Pos Sekat Towu mendapat informasi dari masyarakat tentang adanya sejumlah orang tak dikenal di sekitar daerah Pegunungan Towu Desa Towu. Sehingga, selanjutnya anggota Pos Sekat melakukan pengecekan terhadap informasi tersebut.

Setengah jam kemudian, saat anggota Brimob dari Pos Sekat tiba di TKP, melihat ada sejumlah orang tak dikenal bersenjata laras pendek, tim Brimob menegur namun tak diindahkan lalu anggota Pos Sekat memberikan tembakan peringatan.

Sejumlah orang tak dikenal itu kemudian melarikan diri hingga akhirnya dilakukan tembakan ke sasaran yang mengenai salah satu orang. Ketika diperiksa, ternyata salah satu korban yang diduga orang tak dikenal itu adalah Serda Muhammad Ilman. (Pr-02/okz)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment