Dukung Pariwisata, Dinas Kebersihan Tobasa Diminta Kerja Maksimal

Truk pengangkut sampah | ilustrasi
Partukkoan - Balige 

Untuk mendukung program pemerintah dibidang pariwisata, Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan diminta supaya bekerja lebih maksimal dalam hal penanganan sampah di wilayah Tobasa. 

"Pihak dinas kebersihan harus bekerja lebih maksimal agar penanganan sampah di tempat ini dapat teratasi. Misalnya, pemberian tong sampah, peralatan para pegawai dinas kebersihan dan juga tempat pembuangan akhir yang kurang memadai," kata seorang warga di Balige Minggu, (25/07/2016). 

Menurutnya, wisatawan akan datang jika kondisi lokasi wisata bersih dan sehat. Kemudian, selain pemerintah daerah, warga juga harus turut berpartisipasi. "Paling tidak warga juga harus sadar betapa pentingnya kebersihan dalam memajukan pariwisata. 

Sementara itu, Drs Arifin Silaen mengakui kekurangan di dinas yang dipimpinya. Berbagai kendala yang dihadapai kata dia seperti dari sisi kelengkapan peralatan, dan juga kekurangan petugas kebersihan. “Kami akui, penanganan sampah di daerah kita ini belum maksimal, masih hanya sekitar 40%. Hal itu terjadi akibat berbagai kendala di lapangan,” kata Arifin dikutip dari tobasakag.go.id. 

Arifin menjelaskan, produksi sampah di Kabupaten Tobasa mencapai 17 ton, sehingga menurutnya untuk mengatasi hal itu pihaknya masih membutuhkan 10 truk pengangkut sampah karena saat ini kapasitas daya angkut petugas kebersihan masih 40-50 ton per hari. 

“Dengan jumlah peralatan dan personil itu, kapasitas angkut hanya 40-50 ton per hari. Untuk itu supaya maksimal, kita perkirakan masih butuh truk minimal 10 unit lagi, ditambah petugas kebersihan,” ucapnya. 

Meski demikian lanjut dia, hal yang paling utama dari semua itu adalah dukungan masyarakat. "Kami akan terus berbenah namun perlu disampaikan bahwa kebersihan bukan hanya tanggungjawab petugas kebersihan, tapi juga tanggungjawab seluruh masyarakat," tutur Arifin.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment