Kapolres Samosir: Kapal Jangan Sampai Melebihi Kapasitas

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM bersama Kapolres Samosir AKBP Donald Simanjuntak saat meninjau langsung pembagian 1000 pelampung | Foto: helbos
Partukkoan - Samosir

Kondisi cuaca dan angin kencang akhir-akhir ini yang terjadi di beberapa daerah termasuk samosir membuat situasi permukaan air danau toba tidak tenang. Untuk itu dihimbau kepada seluruh pemilik Kapal, untuk tidak melebihi kapasitas dalam mengangkut penumpang. 

Demikian dikatakan Kapolres Samosir AKBP Donald P. Simanjuntak saat menghadiri pembagian pelampung kepada Organisasi Pengusaha Sejenis (OPS) Kapal Kayu dan Feri, Jumat (01/07/2016) lalu di Gedung pelabuhan Feri KMP Tao Toba Tomok-Ajibata, Kecamatan Simanindo. 

"Kegiatan ini cukup bagus, mengingat kondisi cuaca saat ini, membuat penumpang takut karena ombak sampai mengguncang kapal," kata Donald. 

Dalam hal ini kata Donald, keselamatan penumpang merupakan hal yang utama, sehingga segala aspek tetap diperhatikan termasuk kapasitas kapal. "Keselamatan penumpang harus diperhatikan. Kapal harus dilengkapi sarana dan prasarana keselamatan, dan Kapal jangan sampai melebihi kapasitas," tegas Donald. 

Sebelumnya diberitakan, pihak Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi Dan Informatika (Dishubkominfo) membagikan 1.000 Pelampung untuk keselamatan penumpang Kapal sebagai transportasi air di Kabupaten Samosir. 

Dalam laporannya, Kepala Dinas Hubkominfo, Dosi Raja Simarmata, SH mengatakan, 1.000 Pelampung yang dibagikan bersumber dari APBD Kabupaten Samosir Tahun 2016. "Pelampung ini dibagikan menyikapi adanya keluhan penumpang atas minimnya fasilitas keselamatan yang ada di Kapal," ucap Dosi Raja.

Dosi Raja menyebutkan setiap OPS akan diberikan sebanyak 10 pelampung. Hal itu sebagai bentuk dorongan kepada para pengusaha, dan mengharapkan agar para pemilik Kapal selalu mengutamakan kenyamanan dan keselamatan penumpang.

Dalam kegiatan itu turut dihadiri Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, Kadis Hubkominfo Dosi Raja Simarmata, SH, Asisten II Drs. Penas Sitanggang, Kasatpol Airud AKP. Sitopu, Kapolsek Simanindo AKP. Ras M. Tarigan, Camat Simanindo Drs. Parissan Lumbangaol, dan 25 OPS Simanindo. (Helbos)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment