Pasar Pangururan Raih Juara Tingkat Kecamatan Lomba Cipta Menu di Samosir

Kelompok Juara dari Pasar Pangururan
Partukkoan - Samosir

Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang menu makanan yang Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA), Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Badan Ketahanan Pangan melaksanakan lomba cipta menu makanan.

Lomba cipta menu makanan melibatkan 72 Desa dari 9 kecamatan di Kabupaten Samosir, masing-masing kecamatan mengutus perwakilan 8 desa untuk ikut diperlombakan, dengan diawali dengan perlombaan di tingkat Kecamatan. “Dan saat ini perlombaan berlangsung untuk tingkat Kecamatan Pangururan,” kata Kapala Bidang Konsumsi, Mutu dan Keamanan Pangan, Jontiner Sinabutar, SP dalam laporannya, Kamis (21/07/2016) di Gedung Kantor Camat Pangururan.

Lebih lanjut Jontiner mengatakan, selain meningkatkan pengetahuan masyarakat secara khusus Ibu Rumah Tangga (IRT), kegiatan ini juga untuk mendorong masyarakat berkreasi menciptakan makanan berbasis sumber daya lokal. “Ibu-ibu rumah tangga akan mampu menciptakan makanan yang bergiji dan berimbang,” ucapnya.

Dilokasi yang sama, Ketua TP. PKK Kecamatan, Ny. M. Situmeang menyampaikan apreasiasi atas partisipasi Ibu-Ibu rumah tangga khususnya di desa yang mau mengikuti perlombaan itu. "Perlombaan ni bukan sekedar mencari juara, tapi juga menambah kreatifitas ibu-ibu PKK dalam menciptakan menu makanan yang sehat. Jadi harus terus semangat, setiap tahun kegiatan ini dilaksanakan, maka harus bertambah pengetahuannya,” kata boru Nainggolan itu.

Sementara, Camat Pangururan Mangihut Situmeang, S.Sos mengaku bersyukur atas semangat yang ditunjukkan para ibu-ibu yang mengikuti perlombaan. Karena menurutnya dengan membiasakan diri memasak untuk keluarga akan memotivasi anak rindu masakan ibunya.

"Akan ada kerinduan anak untuk menikmati makanan yang dimasak ibunya. Saya sendiri rindu makan masakan ibu saya dan saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setulus tulusnya kepada ibu yang hadir saat ini," pungkas mantan Camat terbaik di Samosir itu.

Pantauan wartawan dilokasi, Perlombaan tingkat Kecamatan Pangururan yang seyogyanya diikuti 8 desa hanya diikuti 6 desa/kelurahan yaitu Desa Parsaoran I, Sitoluhuta, Tanjung Bunga, Situngkir, Hutanamora dan Kelurahan Pasar Pangururan.

Pada perlombaan Cipta Menu Makanan yang digelar setiap tahunnya itu dijuarai dari Kelurahan Pasar Pangururan dengan mengumpulkan nilai sebanyak 2830. Dalam penilaian yang diumumkan dewan juri melalui Drg. Lasria Tambun, Juara dari kelurahan Pasar Pangururan mampu memberikan kreatifitas makanan yang sangat menarik.

"Kreatifitas dan Penampilan makanan yang baik, kebersihan serta menu yang unik menjadikan makanan yang dimasak para ibu dari Kelurahan Pasar Pangururan meraih nilai tertinggi. Dan kami berharap yang lain tidak usah minder, tetap semangat dan terus berkreasi," tutup Kepala Puskesmas Buhit itu.

Sumber: Sitanggang
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment