Unik, Pria ini Jadikan Kedai Tuaknya Seperti Acara Paradatan di Samosir

A. Tombus saat berbicara seolah dalam paradatan di kedai yang di usahainya.
Partukkoan - Samosir

Berbagai cara dilakukan para pengusaha atau pedagang untuk memikat pelanggan, tidak terkecuali baik pedagang kelontong, pedagang kain bahkan sampai pedagang yang menjual tuak.

Sebagaimana dilakukan A. Tombus (54) seorang pedagang atau pemilik kedai tuak yang berada di Desa Lumban Pinggol, caranya memanggil para pelanggan yang ingin menikmati tuak tergolong cukup unik. Dirinya bahkan melakukan sesuatu yang lain dari yang lain.

Keunikan yang dilakukan A. Tombus seperti diamati media ini Selasa (26/07/2016) adalah dengan bergaya seolah-olah dalam kedainya sedang melakukan acara paradatan sebagaimana dilakukan acara paradatan di Kabupaten Samosir. A. Tombus berbicara seolah dirinya sebagai "Raja Parhata" dalam paradatan semu tersebut.

"Di hamu boru siabolon nami, parrohaon ulaon, ro hamu, urupi hula-hulamon," katanya keras melalui mic yang berhubungan langsung dengan amplifier sembari diiringi musik gondang.

Kemudian bahasa lain yang sedikit lucu, adalah masalah paminta dari para suhut atau na mar aha anggi. "Di hita na mar aha anggi si "hapal pinggol" asa ro hamu. Ei...ei... E....," teriak A. Tombus semangat.

Apa yang dilakukan A. Tombus ini ternyata ampuh, hal itu terbukti, paling tidak 3 hingga 5 orang kemudian mampir ke kedainya karena merasa penasaran akan kelakuan yang dilakukannya. "Bah, hurippu pesta nangkin (kupikir ada pesta tadi - red) kata seorang pelanggan yang mampir.

Selain itu, ternyata iring-iringan musik yang mendampinginya membuat para pelanggan meminta request lagu batak saat itu. Gayanya yang kocak membuat tamu yang datang menjadi geli dan terkadang meledek dirinya ketika berbicara seolah raja parhata.

Itulah berbagai cara dilakukan para pengusaha tuak di Samosir demi memanggil para pelanggan hanya untuk sekedar mencicipi Tuak yang dijualnya. Anda berminat melihat aksi kocaknya? Silahkan kunjungi Samosir, tepatnya Desa Lumban Pinggol Kecamatan Pangururan.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment