Foto ini jadi Trending Topic di Media Sosial

Foto Bocah yang jadi viral di sosmed
Partukkoan - Samosir

Sebuah foto yang memperlihatkan seorang bocah berusia 5 tahun asal Suriah tertutup debu dan darah setelah dievakuasi dari sebuah gedung yang meledak menjadi viral setelah diposting ke media sosial. Foto itu kemudian menimbulkan kemarahan dan kekecewaan atas perang saudara yang membuat penderitaan bagi masyarakat Suriah. 

Seperti dikutip dari laman Al Jazeera, Kamis (18/8/2016), video yang dirilis aktivis pihak oposisi memperlihatkan kondisi pasca serangan udara di kota Aleppo. Dalam video yang diposting secara online oleh Aleppo Media Center, terlihat seorang bocah laki-laki yang duduk seorang diri di dalam sebuah mobil ambulans. 

Ekspresi wajah bocah tersebut terlihat tegang dan menerawang, sebuah pemandangan yang menyedihkan.  Anak tersebut sempat menyeka tangan di wajahnya yang tertutupi darah dan debu. Dirinya sempat melihat adanya darah yang berasal dari kepalanya lalu menyeka tangannya ke kursi ambulans yang dia duduki. 

Bocah ini tak menangis bahkan mengeluarkan suara sedikitpun. Foto dan video bocah malang tersebut telah diunggah dan dibagikan ribuan kali di media sosial seperti twitter dan facebook.  

Khaled Khaled, anggota pertahanan sipil Suriah yang bermarkas di Aleppo mengatakan, relawan yang beroperasi di kawasan pemberontak tersebut teridentifikasi sebagai Omran Daqneesh.  "Oleh relawan, bocah malang tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat," ujar Khaled kepada Al Jazeera. 

Beruntung dia hanya menderita luka ringan di bagian kepala dan dipulangkan malam itu juga.  Walau ada yang selamat, 3 orang lainnya tewas dan setidaknya 8 lainnya yang terdiri dari wanita dan anak-anak terluka akibat serangan udara yang terjadi saat itu.  

Foto bocah Omran yang diberi judul "Bocah di Dalam Ambulans" ini kembali mengingatkan masyarakat dunia akan sosok Aylan Kurdi, seorang bocah lelaki asal Suriah lainnya yang jasadnya ditemukan di sebuah pantai di Tukri karena tenggelam, saat dia dan keluarganya berusaha menyeberangi Laut Mediterania dengan harapan menemukan kehidupannya kembali di Eropa.  

Foto jasad Kurdi mendapat perhatian dunia tentang krisis pertumbuhan pengungsi. Sekitar 10 ribu warga Suriah nekat menempuh perjalanan berbahaya dari kampung halamannya demi mencari harapan di tanah Eropa.  

Menurut Staffan de Mistusa Utusan khusus PBB, menaksir setidaknya ada 400 ribu orang terbunuh di Suriah pada perang saudara yang telah berlangsung sepanjang 5 tahun terakhir sehingga populasi di Suriah berkurang hingga setengah. (Prt-02/dtc)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment