Lahan Hutan Terbakar, Asap Kepung Kota Pekanbaru

Partukkoan - Pekanbaru

Akibat terbakarnya hutan dan lahan sejak dua bulan terakhir di Pekanbaru membuat kota itu kini dikepung asap pagi ini (27/06/2016). Tampak asap tebal menaungi wilayah itu.
Terlihat atap gedung sudah ditutupi kabut asap | foto: dtc
Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber menyebutkan, asap mulai menebal saat pukul 05.30 WIB hingga pukul 07.30 WIB. Kemudian asap berangsur menipis. Meski demikian hingga saat ini asap tetap jelas terlihat mengepung Pekanbaru.

Terlihat juga gedung-gedung tinggi di tengah kota, dari jarak sekitar 2 km sudah tampak samar di bagian atasnya. Asap putih dari kebakaran lahan sudah muncul seperti yang pernah terjadi tahun 2015 lalu.

Akibatnya warga pun mulai resah dengan kemunculan asap yang mengepung Pekanbaru. Warga takut jika pemerintah tidak secepatnya mengantisipasi kebakaran lahan, bukan tidak mungkin kondisi akan kembali seperti tahun sebelumnya.

"Pagi ini asap mulai tebal. Jangan-jangan nanti seperti dulu lagi. Kita berharap masyarakat janganlah membakar hutan," kata Ikhwan (41) seorang warga kepada dikutip dari detik.com.

Walau asap mengepung Pekanbaru, aktivitas warga masih berjalan dengan normal. Belum ada terlihat warga yang beraktivitas terutama dengan sepeda motor menggunakan masker.

Sementara terlihat papan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang terpajang di depan Kantor Wali Kota Pekanbaru udara masih level 'Baik'. ISPU ini memang tidak update dengan kondisi yang terjadi saat ini. Karena, penghitungan ISPU di akumulasi dua kali dalam sehari, sehinga level udara pagi ini, baru dapat dilihat sore hari nanti.

Sekedar mengingatkan, dampak kebakaran hutan yang pernah terjadi tahun lalu sangat dirasakan warga, bukan hanya warga pekanbaru, namun juga beberapa wilayah di Tapanuli juga ikut merasakan dampaknya. Ancaman kesehatan pernafasan terutama bagi bayi dan anak-anak kala itu merupakan salah satu dampak asap dari kebakaran lahan hutan. (Dtc/pr-02).
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment