Oktober Tahun Ini, Mantan Ketua KPK Antasari Azhar Bebas

Partukkoan - Jakarta 

Antasari Azhar yang tersandung kasus pembunuhan terhadap Direktur Utama Rajawali Putra Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen dan masuk bui pada tahun 2009 lalu, dalam dua bulan ke depan akan bebas.

Mantan Ketua KPK itu dipastikan bebas bersyarat pada Oktober 2016 mendatang. Dia juga mendapatkan remisi atau potongan masa tahanan pada 17 Agustus lalu."Dua bulan lalu, Tim Penilai Permasyarakatan (TPP) sudah mengumumkan bahwa Antasari akan bebas Oktober," ucap kuasa hukum Antasari, Boyamin Saiman, Rabu (24/8). 

Dari hasil pengamatan dan penilaian TPP, kata Boyamin, Antasari dinilai sudah layak bebas bersyarat."Pak Antasari sudah terbukti berkelakuan baik dan menjadi teladan di dalam lapas. Dua unsur itu adalah poin penting untuk seorang terpidana bisa bebas bersyarat. Dengan berkelakuan baik, yang bersangkutan akan mendapat remisi banyak," lanjut Boyamin.
Lebih lanjut, Boyamin menyebutkan, Antasari sudah mulai menjalani asimilasi sejak Oktober 2015 lalu."Aturannya, kalau dalam setahun seorang terpidana menjalani asimilasi dengan baik dan tidak melakukan pelanggaran, maka setahun setelah asimilasi dia sudah bisa bebas bersyarat. Pelanggaran asimilasi itu hanya dua, yaitu terlambat dan berbuat kejahatan," imbuh Boyamin.

Pada 17 Agustus lalu, Antasari mendapatkan remisi selama delapan bulan. Namun, kata Boyamin, remisi itu nampaknya tidak berlaku lagi. "Karena Pak Antasari sudah menjalani asimilasi, dan sudah diumumkan bisa bebas bersyarat. Jadi ya bisa dikatakan remisi yang didapatkan kemarin tidak ada gunanya lagi," kata Boyamin.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment