Rekayasa Foto Pendakian, 2 Pendaki Dilarang 10 Tahun Tidak Boleh Mendaki

Partukkoan - Kathmandu

Dua orang pendaki asal India, mendapat sanksi dari Otoritas Nepal dalam hal larangan mendaki selama 10 tahun. Pasalnya kedua pendaki itu melakukan rekayasa foto seolah-olah mereka berhasil sampai ke puncak Gunung Everest.
Foto editan kedua pendaki
Seperti dilaporkan AFP, Selasa (30/08/2016) pasangan bernama Dinesh dan Tarakeshwari Rathod ini mengaku berhasil mendaki hingga Puncak Gunung tertinggi di dunia itu pada 23 Mei lalu. Keduanya berasal dari India dan berprofesi sebagai polisi. Namun beberapa rekan pendaki meragukan keberhasilan pasangan itu.

Karena ragu, para pendaki lainnya menyebut bahwa foto-foto yang ada itu adalah hasil rekayasa dan mengadukannya kepada Departemen Pariwisata Nepal. Atas pengaduan itu, akhirnya dilakukan penyelidikan terkait klaim kedua pendaki tersebut.

"Hasil penyelidikan kami menemukan bahwa pasangan ini memalsukan pendakian mereka. Kami menjatuhkan larangan pendakian gunungan apapun di Nepal selama 10 tahun bagi mereka berdua," kata Kepala Departemen Pariwisata Nepal, Sudarshan Prasad Dhakal, kepada AFP, usai putusan dijatuhkan pada Senin (29/8) waktu setempat.

Menurut analisis foto lanjut Dhakal, di dalam foto, pasangan itu menunjukkan keduanya menambahkan foto diri mereka dan spanduk yang mereka bawa ke dalam foto yang diambil oleh seorang pendaki asal India lainnya dalam pendakian Everest-nya.

"Walau berbagai upaya dilakukan mereka untuk mengklarifikasi, mereka tidak mau bekerja sama dalam penyelidikan. Sementara kedua pemandu yang membantu mereka juga melarikan diri," tambah Dhakal. 

Menurutnya, larangan yang diberikan harus menjadi peringatan bagi para pendaki agar tetap malalui peraturan yang berlaku.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Pariwisata Nepal, Ghanshyam Upadhyaya, menyebutkan pemerintah akan melalukan pertibangan memperbarui prosedur klaim sertifikat pendakian. Sistem yang kini berlaku hanya mewajibkan foto, laporan dari ketua tim pendaki dan perwakilan pemerintah yang ditugaskan di base camp.

Para pendaki umumnya mencapai ketinggian pada puncak Everest setinggi 8.848 meter dan biasanya akan menjadi motivational speaker serta penulis buku yang cukup menghasilkan.

Menurut pihak Kementerian Pariwisata Nepal, dalam tahun ini ada sebanyak 456 orang yang berhasil mencapai puncak Everest termasuk diantaranya 250 pendaki asing.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment