Hati-hati, Ternyata Hal Ini Sebabkan Sakit Punggung Pada Anak

Partukkoan - Samosir 

Memiliki anak, membesarkan serta menyekolahkan mereka merupakan tugas dan tanggung jawab orang tua. Namun terkadang fasilitas serta kegiatan sekolah anak-anak menimbulkan persoalan pada anak.
Ilustrasi seorang anak membawa tas | foto: net
Seperti survei yang dilakukan Associated Chambers of Commerce and Industry of India (ASSOCHAM) menyebutkan sebanyak 68 persen anak sekolah di bawah umur 13 tahun di India mengalami sakit punggung. Kondisi demikian dapat mengakibatkan tubuh anak menjadi bungkuk.

Dari survei ditemukan bahwa, lebih dari 88 persen anak di usia 7-13 tahun membawa beban 45 persen lebih berat dari berat badannya sendiri. Sementara benda atau barang yang umumnya mereka bawa ialah peralatan kesenian, raket, tas renang, alat beladiri, dan sepatu.

"Dan ternyata hal itu yang menyebabkan kerusakan dan masalah punggung yang tidak dapat disembuhkan. Jika anak sekolah mulai merasa sakit pada punggungnya (di usia muda), maka anak itu berpotensi mengalami masalah punggung sepanjang hidupnya," terang B K Rao, Ketua Komite Assocham's Health.

Menurut B K Rao, beban yang berlebih akan menyebabkan tekanan kuat kepada otot, sendi dan tulang punggung. Sehingga membuat kerusakan pada tubuh hingga akhirnya tubuh menjadi bungkuk. "Selain bungkuk, tubuh juga bisa ke samping atau kedepan," katanya seperti dilansir Indian Express.

Padahal lanjut Rao, pihak Children's School Bag Act 2006 membatasi beban tas anak sekolah agar tidak lebih dari 10 persen berat badan si anak. Rao mengatakan masalah yang timbul pada anak jika membawa beban tas sekolah terlalu berat di antaranya pergeseran tulang sendi, rematik, spondylolisthesis, nyeri pinggang, kondisi degenaratif tulang belakang hingga skoliosis.

Sementara itu, dr Benedictus Megaputera SpOT, Msi menerangkan cara mengatasi sakit nyeri punggung dapat dilakukan dengan merelaksasi otot di area tulang belakang, seperti mengkompres dengan air hangat, fisioterapi atau dapat juga dengan memijat.

Meski demikian, mengatasi nyeri punggung yang serius, yaitu nyeri punggung yang berulang-ulang terjadi, dianjurkan untuk segera mengkonsultasikannya ke dokter.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment