Ahok: Dengan Program KJMU, IPM Di Jakarta Akan Mendunia

Ahok dan Djarot Saiful Hidaya | Instagram
Partukkoan - Jakarta

Program Kartu Jakarta Mahasiswa unggul (KJMU) dengan anggaran Rp. 2,7 triliun diharapkan mampu menjadikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jakarta sejajar dengan dunia.

"Dengan program seperti ini, lamanya orang sekolah di Jakarta akan naik supaya IPM kita sejajar dengan dunia," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (21/10/2016).

Program ini merupakan kerjasama Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta dengan 30 Universitas di Indonesia dengan harapan banyak warga Jakarta yang dapat berkuliah di sejumlah kota di Indonesia dengan program tersebut.

Menurut Ahok, melalui program itu, pemilik Kartu Jakarta Pintar (KJP) dapat melanjutkan pendidikannya ke tingkat Perguruan Tinggi. Ahok menyebutkan fokus beasiswa ialah bagi siswa yang lolos masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Namun besaran biaya beasiswa bagi masing-masing siswa berbeda antara satu kota dengan kota lainnya.

"Kita maunya seluruh perguruan tinggi negeri yang ada di negeri kita ini adalah target kerjasama. Jadi orang Jakarta bisa milih kuliah di mana saja. Kami fokuskan ke perguruan tinggi negeri," ujar Ahok.

Ahok mengatakan akan terus mengevaluasi program tersebut supaya tepat sasaran. "Jadi kita evaluasi terus ya, sama kayak KJP. KJP waktu pertama lewat pun banyak yang enggak tepat sasaran lalu kita mulai kunci lagi. Kunci lagi akhirnya kita ketemu formula tanpa menarik tunai, langsung kita punya penghematan banyak. Yang tidak tepat sasaran langsung terkunci di sistem perbankan. Jadi semua sistem harus terus kita perbaharui," tambah Ahok.

Lebih lanjut KJMU diharapkan dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jakarta. Karena semakin banyak masyarakat yang mengenyam pendidikan tinggi maka semakin lama pula jangka waktu pendidikan yang ditempuh. (P-02/dtc)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment