Bah, Empat Rumah Kembali Hangus Terbakar Di Samosir

A. Josua Sinurat (kiri) salah satu keluarga yang rumahnya ikut terbakar di Huta Sigalingging Desa Rianiate menunjukkan lokasi rumahnya | Foto: IST
Partukkoan - Samosir

Belum lama ini terjadi kebakaran di Huta Sidaji Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Senin (17/10/2016) lalu yang menghanguskan 6 rumah dan kini kembali lagi terjadi kebakaran di Huta Sigalingging Desa Rianiate Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.

Kebakaran itu menghanguskan empat rumah adat batak dan satu rumah rusak berat. Kebakaran terjadi Minggu pagi (23/10/2016) sekira pukul 03.30 Wib dan tidak ditemukan korban jiwa. Namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang dihimpun partukkoan.com, di lokasi kejadian, ada penghuni rumah masih di rumah dalam keadaan tidur. Mengetahui ada kobaran api, warga lain kemudian memberikan pertolongan dengan mengangkat korban keluar rumah yang terbakar.

"Ada orang tua (nenek-nenek) di dalam, masih tidur. Jadi kami mengangkat ompung itu keluar rumah yang terbakar," kata Sinurat salah satu korban yang rumahnya ikut terbakar kepada partukkoan.

Diceritakannya, kobaran api sangat besar saat itu, banyak warga yang panik bahkan menangis ketika melihat kobaran api. "Karena rumah disini berdekatan, jadi banyak yang panik. Karena memang api sangat besar. Bahkan sampai ada yang langsung menyelamatkan barang-barangnya meski rumahnya jauh dari lokasi kebakaran," katanya.

Dia menambahkan, keempat rumah yang terbakar adalah milik Op. Banu, Op. Hiras, A. Boston dan Belman Sinurat.

Pengamatan partukkoan dilapangan, keempat rumah bolon (adat batak) tersebut telah rata dengan tanah. Dan satu rumah mengalami 85 persen kerusakan.

Dilokasi berbeda, Camat Pangururan Mangihut Situmeang mengatakan, di lokasi telah dibuat tenda-tenda darurat sebagai penampungan para keluarga korban. 

"Sementara waktu ini kita mendirikan tenda pengungsian dan berharap supaya warga yang mengalami musibah tetap bersabar menghadapi cobaan ini," kata Situmeang. (P-02)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment