Candu Gadget Pada Anak Bisa Sebabkan Mata Juling

Ilustrasi Mata Juling | foto: Ist
Partukkoan - Jakarta

Seringnya anak dibawah umur 1 tahun menggunakan gadget akan mengakibatkan tumbuh kembang yang tidak optimal, secara khusus dari sisi penglihatan. Untuk itu, pancaran sinar atau cahaya dari gadget bisa merusak mata bayi. Demikian diungkapkan dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA(K), MARS, di RSU Bunda Jakarta belum lama ini.

Menurutnya, penelitian telah membuktikan bahwa sinar kebiruan yang keluar dari gadget ternyata mampu merusak mata anak dan bayi secara permanen. "Utamanya pada bagian makula yang ada dibagian belakang mata," kata dr. Tiwi

Makula ialah bagian dari retina yang ada di bagian belakang mata. Dijelaskan Tiwi, bayi  atau anak yang sering menggunakan smartphone akan mempercepat terjadi degenerasi makula, dan mempercepat kerusakan penglihatan pada anak.

Kemudian, pancaran sinar dari gadget juga membuat bayi sulit tidur, dan akhirnya siklus tidurnya terganggu. Sementara tidur cukup merupakan bagian penting dalam pertumbuhan bayi.

Bahkan, menurut penelitian yang pernah dilakukan Chonnam National University Hospital di Seoul, Korea Selatan, penggunaan gadget pada anak akan membuat mata menjadi juling.

Dengan lama mencapai 4 hingga 8 ja perharinya, anak yabg berumur 7-16 tahun akan beresiko mengalami mata juling. Kondisi itu akan semakin parah jika dalam menggunakan ponsel jaraknya dibawah 30 cm dari wajah.

Untuk itu, dr Tiwi mengingatkan orang tua supaya mengawasi anak-anak mereka. Apalagi zaman saat ini merupakan zaman serba digital.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Jusri Marbun

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment