DPC FSPTI-KSPSI Kabupaten Samosir Salurkan Air Bersih Kepada Warga

Partukkoan - Samosir

Kemarau yang berkepanjangan melanda Kabupaten Samosir sejak awal tahun 2016 lalu, membuat sebagian besar warga Samosir yang mengantungkan hidup dengan bertani mengakibatkan gagal panen. Tak hanya itu, warga tinggal di perbukitan lebih tersiksa karena kehabisan air bersih.
Warga mengisi air bersih ke penampungan mereka
Di beberapa tempat seperti Aeklan Desa Siantinganting, masyarakat sudah berbulan-bulan sangat kekurangan air minum. Warga harus berjalan kaki sepanjang ratusan bahkan kilometer untuk mendapatkan air ke Danau Toba.

Lain halnya di Kecamatan Ronggur Nihuta kemarau selama empat bulan terakhir ini membuat warga di sana kesulitan air bersih. Warga terpaksa memanfaatkan air dari Danau Sidihoni atau air dari kolam-kolam kecil yang airnya berwarna kecoklatan. Meski air tersebut kurang layak dikonsumsi, warga tetap memanfaatkan air tersebut untuk kebutuhan MCK, mandi, dan mencuci sebab tidak ada lagi sumber air lain.


Prihatin akan kondisi tersebut, DPC FSPTI-KSPSI Kabupaten Samosir tergerak untuk membantu meringankan penderitaan warga yang kekurangan air. Tepat pada peringatan hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2016, DPC FSPTI-KSPSI Kabupaten Samosir mengelar bhakti sosial dengan memberikan sebanyak 50 ribu liter air bersih ke beberapa desa yang tinggal di perbukitan.

"Kita sengaja tidak ikut berbaris dalam acara seremonial peringatan Sumpah Pemuda, karena kita sebagai pemuda ingin menunjukkan karya nyata dan keprihatinan terhadap warga yang kekurangan air minum," kata ketua DPC FSPTI-KSPSI Kabupaten Samosir, Paul Silalahi kepada Partukkoan, Kamis (28/10/2016).

Dijelaskannya, ada 50 ribu liter air yang diberikan secara gratis dan air ini langsung dari sumber mata air yang bersih sehingga layak minum. Dan air ini akan diberikan kepada warga Aeklan, Lintong Nihuta, dan Huta Tinggi.

Dari beberapa desa yang diberikan air minum yakni Aeklan Desa Siantinganting, Huta Tinggi dan Desa Lintong Nihuta, para warga berterimakasih kepedulian DPC FSPTI-KSPSI Kabupaten Samosir atas penderitaan masyarakat.

"Alani susah ni aek on, olo ma aek manuci tangan, sampe 3 hali ni pake. Lam ma mandi, sahali saminggu nama hami. (Karena begitu susah mendapat air, terkadang air cuci tangan pun sampai tiga kali digunakan. Bahkan mandi jadi satu kali seminggu)," kata Agusman Sitanggang, warga Aek Land Desa Siantinganting.

Lanjutnya, bolak tao Toba idaon sian on ale holan mamereng ma hami. Daong boi ni inum. "Mauas ditoruni sampuran." (Luas danau toba kami lihat dari sini, tapi kami hanya bisa memandang, tidak bisa di minum).

Diakuinya, semenjak kekeringan melanda Samosir, mereka terpaksa membeli air. Biasanya mereka membeli 1000 liter air seharga 100ribu. Dan air itu hanya cukup beberapa hari untuk memenuhi kebutuhan beberapa warga.

"Alani susah ni aek jala ikkon manuhor do hami, ni paotik-otik ma aek i. Ai so adong hepeng nami tiap ari manuhor aek. Suan-suanan nami pe sega do," ucap warga Aeklan, boru Simbolon.

"Nipikir sian Pemkab on. Hape sian organisasi pemuda do. Mauliate godang ma di hamu akka naposo DPC F SPTI-K SPSI Kabupaten Samosir. Pasahat hamu jo tona nami tu Bupati aso i paroahon hami warga na marsikor on," keluh warga Lintong Nihuta, Kecamatan Ronggur Nihuta.

"Kita turut prihatin atas kekeringan yg melanda Samosir. Memang tak seberapa yg kita perbuat, dan masih banyak lagi daerah yang belum kebagian air namun harapannya semoga itu berarti bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air minum terutama yg di perbukitan yg jauh dari sumber air," ucap Paul.

Acara bakti sosial memberikan air minum bersih kepada warga yang dilanda kemarau berkepanjangan turut dihadiri penasehat SPSI Kabupaten Samosir yakni Suangro Sitanggang dan segenap anggota SPSI Kabupaten Samosir terlihat semangat membantu warga.

Oleh: Suriono Subandrio Siringoringo
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment