Pengukuhan PMI Samosir, Aksi Sosial Digelar

Ilustrasi | Google
Partukkoan - Samosir 

Bupati Samosir, Drs. Rapidin Simbolon memimpin acara pengukuhan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Samosir, Jumat (21/10) di Pangururan, Samosir. Dalam acara tersebut juga digelar aksi sosial pendonoran darah yang berhasil mengumpulkan hingga 80 kantong darah.

Pengukuhan sendiri dipimpin Bupati Samosir, Drs Rapidin Simbolon dan melantik pengurus PMI Samosir yang dipimpin oleh Wakil Bupati Samosir, Ir. Juang Sinaga serta sekretaris dijabat Fernando Sitanggang, SH.

Ir Juang Sinaga mengaku sangat bersedia memimpin PMI Samosir dan ikut serta mendonorkan darahnya pada Bhakti Sosial Donor Darah PMI Samosir.

"Saya sendiri ikut pendonor darah, dan saya harapkan seluruh pengurus PMI Samosir juga ikut serta. Karena selain berbagi kasih kepada sesama, mendonor darah juga baik untuk kesehatan diri sendiri,” katanya.

Di lokasi yang sama, Sekretaris PMI Samosir, Fernando Sitanggang menjelaskan, dalam mengatasi persediaan stok darah yang kerap kurang di Samosir, dapat dilakukan dengan menggelar aksi sosial dan bekerja sama dengan Pemkab Samosir.

“Ya, kita telah lakukan aksi sosial donor darah yang diikuti oleh seluruh unsur SKPD Pemkab Samosir dan masyarakat samosir. Pada kegiatan ini mampu mengumpulkan 80 kantong darah,” terangnya. 

Aksi ini lanjut dia, murni untuk kemanusiaan, mengingat di Samosir sering kurangnya stok darah, sehingga sering membelinya dari Siantar yang memakan waktu, sementara pasien harus segera mendapatkannya.

Sementara itu, pengurus PMI Sumut, dr Horas Rajagukguk menerangkan, mendonor darah merupakan sarana untuk berbagi kasih kepada masyarakat sekaligus salah satu cara untuk menjaga kesehatan.

"Donor darah bukan hanya bermanfaat untuk yang menerima darah kita, tapi juga sangat bermanfaat bagi kita yang memberikan darah karena dapat menurunkan berat badan, melindungi jantung, meningkatkan sel darah merah,” ujarnya. 

Ditambahkannya, mendonor darah diyakini dapat mencegah stroke, meningkatkan kesehatan psikologis, memperbarui sel darah baru, menurunkan resiko kanker, memberikan rasa rileks pikiran serta menurunkan kadar kolesterol. (Fra)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment