Tower Sutet Belum Memiliki IMB, Pemkab Samosir Akan Panggil Pimpinan PLN


Partukkoan - Samosir 

Pembangunan 72 tower Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet) milik PLN yang didirikan di Kabupaten Samosir ternyata sampai saat ini belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Gangguan (HO). 

Untuk itu Pihak Pemerintah Kabupaten Samosir akan segera memanggil pimpinan PLN untuk meminta penjelasan serta menanyakan dasar hukum yang dipergunakan oleh pihak PLN mengapa sampai saat ini belum mengurus IMB. 

Demikian dikatakan Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon melalui Wakil Bupati Ir Juang Sinaga kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu (12/10). 

Lebih lanjut, dalam waktu dekat akan diadakan pertemuan dengan pihak PLN untuk membahas masalah tersebut. "Dan rekan pers akan kita undang untuk meliput pertemuan tersebut, sehingga diharapkan semuanya bisa bersifat transparansi tanpa merugikan siapa pun khususnya masyarakat samosir," terangnya. 

Sebelumnya, Kepala Badan Perizinan, Penanaman Modal Terpadu (BPPMT) Kabupaten Samosir, Sampe Sijabat menyebutkan bahwa pihaknya belum menerbitkan IMB dan izin gangguan pembangunan tower Sutet milik PLN tersebut. 

“Sejauh ini belum ada rekomendasi yang diterbitkan BPPMT kepada Dinas Tarukim untuk IMB serta Bagian Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Setdakab Samosir untuk izin gangguan pembangunan tower Sutet milik PLN itu," ucap Sijabat ketika dihubungi wartawan, Selasa (4/10) lalu. 

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Pengembangan dan Penelitian, Jabiat Sagala mengakui, Amdal dan izin lingkungan untuk pembangunan tower pada Gardu Induk di Parbaba dan tower Sutet PLN sudah diterbitkan. 

Namun menurutnya, pihaknya hanya sebatas menerbitkan Amdal dan izin lingkungan. "Untuk penerbitan IMB dan izin gangguan bukan wewenang Lingkungan Hidup," katanya. (P-02)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment