Wabup Samosir: Jika Ada Oknum ASN Lakukan Pungli, Akan Ditindak Tegas

Ilustrasi | foto: google
Partukkoan - Samosir

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyatakan perang terhadap tindakan pungli (pungutan liar). Bahkan Presiden dalam waktu dekat akan mengeluarkan payung hukum dalam bentuk perpres 'Saber Pungli' atau Sapu Bersih Pungutan Liar.

Informasi yang dihimpun partukkoan, besok draft Peraturan Presiden Saber Pungli rencananya akan diserahkan kepada Presiden. "Semoga besok Perpres segera bisa ditandatangani oleh Bapak Presiden," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Terkait itu, Pemkab Samosir sendiri sangat mendukung langkah pemerintah pusat dalam memberantas tindakan pungli yang dapat merugikan masyarakat.

Sebagai upaya untuk mencegah maupun memberantas tindakan pungutan liar (pungli) yang dapat merugikan serta meresahkan masyarakat. Pemerintah Kabupaten Samosir berkomitmen akan menindak tegas oknum Aparatur Sipil Negara (ASN), maupun petugas lainnya yang melakukan praktek pungli.

"Atas nama Pemkab Samosir kita sangat mendukung program Presiden Republik Indonesia Joko Widodo terhadap pemberantasan pungli. Karena apa pun namanya, kita tidak akan membenarkan adanya pungli tersebut baik kepada masyarakat maupun di dalam instansinya masing-masing,” kata Wakil Bupati Samosir, Ir. Juang Sinaga kepada wartawan via seluler, Rabu (19/10/2016).

Lebih lanjut Juang menegaskan, jika petugas terbukti melakukan tindakan pungli, maka akan diberikan sanksi. “itu semua tergantung tingkat perbuatan atau kesalahan yang dilakukan. Namun, perlu ditegaskan adapun beberapa jenis sanksi yang diberikan seperti, teguran tertulis, penurunan jabatan, bahkan tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pemecatan," tandasnya.

Untuk itu dirinya berharap, agar seluruh ASN dan Honorer melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan. (P-02)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment