Bupati Pimpin Apel Besar Kebhinekaan Di Samosir

Partukkoan - Samosir

Apel besar Kebhinekaan Cinta Damai yang digelar diseluruh Indonesia, termasuk di wilayah Kabupaten Samosir, dipimpin langsung Bupati Samosir, Drs. Rapidin Simbolon, MM di halaman Mapolres Samosir, Selasa (15/11/2016) diikuti Kapolres AKBP. Donald P Simanjuntak beserta jajarannya, Danramil Pangururan J. Sitohang dan jajaran, SKPD, Para Camat, Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Pemuda di Kabupaten Samosir.

Sesuai amanat Bupati, apel besar yang dilakukan mengangkat tema "Melalui Hikmah Hari Pahlawan Ke-71 Tahun 2016, Kita Tingkatkan Kesadaran Dan Partisipasi Masyarakat Guna Mewujudkan Persatuan Dan Kesatuan NKRI Yang Kokoh."

Kegiatan ini digelar atas perintah Presiden RI pada tanggal 08 November 2016, agar dilaksanakan secara nasional oleh seluruh wilayah, guna mengantisipasi naiknya eskalasi politik nasional yang kita rasakan akhir-akhir ini. Sekaligus menguatkan solidaritas dan sinergitas kita dalam mengantisipasi situasi kontijensi yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon menyampaikan, Presiden RI Ir. Joko Widodo sangat menekankan pentingnya negara hadir dalam seluruh kegiatan masyarakat sebagimana poin ke-1 program nawacita yakni "Menghadirkan kembali Negara untuk melindungi segenap Bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga Negara."

Dalam amanatnya, Bupati menghimbau dan mengajak untuk bersama-sama mencermati potensi kerawanan yang ada saat ini, terutama pada pasca unjukrasa 04 November 2016. Untuk itu, Bupati menyampaikan 5 butir penekanan antara lain :

1. Pahami, kuasai dan kerjakan dengan sungguh-sungguh apa yang menjadi tugas pokok dan peran masing-masing sesuai prosedur yang berlaku.

2. Galang dan bina seluruh potensi masyarakat, agar mau memberikan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan gangguan Kamtibmas dan turut aktif berpartisipasi menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

3. Jaga kekompakan antara sesama unsur aparatur pemerintah/TNI-Polri dan masyarakat.

4. Bertindak jujur, adil dan netral dalam bertugas.

5. Selain bekerja keras dalam melaksanakan tugas, jangan lupa berdoa untuk keamanan Kabupaten Samosir yang kita cintai ini.

Pengamatan wartawan dilapangan, apel besar Kebhinekaan Cinta Damai di wilayah Kabupaten Samosir yang dilangsungkan di halaman Mapolres Samosir, tampak tidak satupun Anggota DPRD Kabupaten Samosir yang hadir. Menurut informasi, seluruh anggota DPRD Kabupaten Samosir, melakukan kunjungan kerja ke luar kota. 

Oleh: Rey
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment