Forward Berita Hoax Juga Bakal Bisa Kena Sanksi Hukum

Ilustrasi | net
Partukkoan - Jakarta

Belakangan berita-berita hoax sepertinya mulai menyebar luas di media-media sosial. Berita-berita itu jelas dianggap dapat memperkeruh suasana. Untuk itu, dengan tegas lembaga Polri menyebutkan bahwa setiap orang yang dengan sengaja ataupun hanya iseng dalam menyebarkan informasi (berita) bohong akan dikenakan sanksi hukum.

"Bagi Anda yang suka mengirimkan kabar bohong (hoax), atau bahkan cuma sekadar iseng mendistribusikan (forward), harap berhati-hati. Ancamannya tidak main-main, bisa kena pidana penjara enam tahun dan denda Rp 1 miliar," ucap Karo Penmas Mabes Polri Kombes Rikwanto sebagaimana dilansir liputan6.com, Minggu (20/11/2016).

Dijelaskan, dengan menyebarkan informasi hoax, maka penyebar informasi tersebut akan dikanakan sanksi pidana maksimal enam tahun penjara dan denda maksimal Rp 1 miliar sesuai dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) pasal 28 ayat 1.

Untuk itu, Rikwanto menegaskan, mulai saat ini setiap orang harus berhati-hati dalam menyebarkan pesan berantai lewat perangkat elektronik. Saat ini banyak pesan hoax yang berseliweran di tengah masyarakat.

Bukan hanya pembuat berita hoax, orang yang meneruskan baik secara sengaja ataupun hanya sekedar iseng juga akan dikenai sanksi hukum. "Yang mem-forward, disadari atau tidak, juga bisa kena karena dianggap turut mendistribusikan kabar bohong," tandasnya.

Rikwanto meminta kepada masyarakat supaya tidak sembarangan meneruskan pesan-pesan berantai. Masyarakat diminta untuk waspada dan teliti dalam menyikapi pesan berantai yang belum jelas kebenarannya.

"Laporkan saja kepada polisi. Pesan hoax harus dilaporkan ke pihak berwajib karena sudah masuk dalam delik hukum," tambah Rikwanto.

Pihaknya (Polri) akan segera melakukan penyidikan setelah laporan diproses. Pihaknya akan bekerjasama dengan Kominfo dan seluruh operator telekomunikasi. "Jangan sembarangan mem-forward kabar yang belum tentu benar atau hoax. Jangan asal forward lagi, bisa memperkeruh suasana," pungkasnya. 

Oleh: Dedi Alfonso
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment