Mantap, Ditjen Pajak Juga Incar Facebook

Kantor Facebook
Partukkoan - Jakarta

Seperti diketahui, salah satu perusahaan Over The Top (OTT) google kini diharuskan membayar tunggakan pajak perusahaan internet raksasa asal Amerika Serikat (AS) itu sekitar Rp 5,5 triliun. Bahkan, apabila mesin pencari terbesar di dunia itu tidak mengikuti peraturan pajak yang berlaku di Indonesia, maka bukan tidak mungkin, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memblacout google.

Perusahaan Over The Top (OTT) dimaksud adalah perusahaan yang bergerak dibidang jaringan internet diantaranya Google, Facebook, Twitter, Yahoo, dan penyedia jasa internet lainnya.

"Bukan tidak mungkin kalau Menkominfo berani mem-blackout Google, karena pemain Indonesia sudah banyak yang siap masuk," ka Muhammad Haniv di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Menurutnya, ditinjau dari pasar internet, tercatat 50% dari jumlah penduduk 240 juta merupakan penguna internet. "Kiita merupakan pasar yang luar biasa besar bagi Google. Tapi kita juga butuh Google, jadi sama-sama saling membutuhkan," jelasnya.

Selain google, facebook juga menjadi incaran Ditjen Pajak. Ditjen Pajak rencananya akan mengirim surat panggilan kepada Facebook untuk meminta penjelasan atas bisnisnya di Indonesia.

Meski facebook mengaku tidak memiliki kantor di Indonesia di Indonesia Facebook memiliki beberapa server yang berfungsi untuk melayani sambungan internet di Indonesia, sehingga facebook juga mendapat keuntungan dari Indonesia melalui jaringan internet.

"Kita kejar, sama. Karena kalau Facebook akan kita undang paksa dari Irlandia. Dua minggu lagi kita kirim surat lagi. Ini juga nanti akan besar juga, tahun ini juga. Mereka merasa saya nggak ada di Indonesia. Jadi mereka sama sekali tidak ada, tapi kan kalau kamu buka Facebook kan kenceng di sini," terang Haniv.

Dijelaskannya, potensi penerimaan pajak melalui perusahaan OTT tersebut dalam tahun 2015 mencapai US$ 840 juta. (P-02)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment