Pilpres Di Amerika Serikat, Antara Hillary Atau Trump

Warga Amerika Serikat sedang melakukan pemilihan calon Presiden | reuters
Partukkoan - Amerika Serikat

Hari ini, Selasa (08/11/2016) jutaan warga Amerika Serikat (AS) akan melaksanakan pesta demokrasi dalam hal memilih presiden mereka. Meski demikian jajak pendapat mengungkapkan presentase pemilih ternyata lebih condong kepada Hillary Clinton.

Menurut jajak pendapat yang dilansir reuters, Clinton memiliki kesempatan 90 persen mengalahkan Trump dan menyebutkan dia berada di jalur dalam angka 303 orang dari 270 yang dibutuhkan. Sementra Trump hanya meraih angka di 235.

Dalam pemilihan, Clinton memilih di sebuah sekolah dasar di kota kelahirannya Chappaqua, New York, pada Selasa pagi. Sementara Trump memilih di Manhattan, setelah sebelumnya mengikuti acara "Fox & Friends" pagi tadi. "Saya sedikit berhayal," katanya.

"Kami memilih karena percaya pada sebuah harapan, untuk membesarkan Amerika," kata Clinton di Philadelphia pada kampanye terakhirnya didampingi sekitar 33.000 massa yang hadir.

Saat itu Clinton bersama dengan Presiden Partai Demokrat Barack Obama; istrinya, Michelle; dan suami Clinton, mantan Presiden Bill Clinton, serta penyanyi Jon Bon Jovi dan Bruce Springsteen.

Dia kemudian membuat daya tarik bertabur bintang lain di Raleigh, North Carolina, diapit lagi oleh Bon Jovi serta oleh Lady Gaga dalam reli tengah malam.

Sementara dalam acara malam di Manchester, New Hampshire, Trump membawa banyak keluarga dan Mike Pence di atas panggung. Sebuah acara meriah pertama utamanya dalam menampilkan mesin kabut dan laser merah putih-biru.

"Hari ini adalah hari kemerdekaan kami," kata Trump di Grand Rapids. "Hari ini kelas pekerja Amerika akan bersemi kembali," tambahnya.

Jika Terpilih, Clinton Wanita Pertama Sebagai Presiden di Amerika Serikat

Menurut jajak pendapat tadi, Clinton berpeluang besar terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat. Para Investor juga melihat Clinton sebagai sosok yang dikenal, terlebih didukung oleh Direktur FBI James Comey.

Menurut informasi, Clinton disebut sebut telah berjanji melanjutkan program dan kebijakan Presiden Obama.

Oleh: Rey
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment