Program KB Penting Untuk Kesehatan Ibu

Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Samosir, Ny. Tina Agustina Br. Panjaitan saat memberikan kata sambutan | Foto: Marcopolo (partukkoan)
Partukkoan - Samosir

Program Keluarga Berencana (KB) dalam sebuah keluarga memiliki peranan yang begitu penting. Selain dari sisi ekonomi, program ini juga baik dalam hal kesehatan Ibu Rumah Tangga (IRT).

"Dari sisi kesehatan, kalau seorang ibu memiliki banyak anak, maka si ibu akan kurang sehat, akan melelahkan. Bahkan melahirkan pun, si ibu akan kurang sehat. Oleh karena itu disitulah pentingnya KB itu, pemerintah membuat suatu cara dalam program KB itu." kata Wakil Bupati Samosir, Ir. Juang Sinaga saat memberikan kata sambutan dalam acara Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Samosir Tahun 2016 di Puskesmas Buhit Pangururan, Jumat (18/11/2016).

Menurutnya, keluarga yang ikut dalam program KB akan lebih sejahtera dan akan lebih sehat. Untuk itu, dirinya berharap lembaga PKK, Kesehatan, dan juga BKKBN terus bersinergi mewujudkan Keluarga Berencana.

"Dari sisi sejahteranya, memang keluarga berencana itu mungkin lebih sejahtera ya, karena tidak banyak tanggungan. Dalam hal sekolah (anak) lebih konsentrasi, baik biaya maupun dalam hal mengawasi," katanya.

Dirinya berharap kepada seluruh Camat, Kepala Desa, Tokoh-tokoh masyarakat untuk membantu program tersebut terlaksana dengan baik. "Kami sangat, Bupati dan Wakil Bupati sangat memperhatikan itu," harap Juang Sinaga.

Kepala Kantor KB Kabupaten Samosir, dr. Friska Situmorang dalam laporannya menyebutkan, maksud dan tujuan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Samosir Tahun 2016 adalah meningkatnya cakupan pelayanan yang adil dan berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga. 

Program ini kata dia, dilaksanakan selama tiga bulan mulai tanggal 01 Oktober hingga 31 Desember 2016 di seluruh desa kelurahan se Kabupaten Samosir dengan cakupan program PKK, Posyandu, penyuluhan, Kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. 

Dikatakannya, target pencanangan kesatuan gerak ini adalah sebanyak 959 akseptor. "Perlu kami laporkan kepada Bapak Wakil Bupati, saat ini pelayanan yang diberikan adalah MOW (Metode Operasi Wanita) yang kita punya target sebanyak 68, saat ini dilayani sebanyak 80 orang," terang Friska.

Sementara, Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Samosir, Ny Tina Agustina J br Panjaitan dalam sambutannya mengaku bangga dan mengucapkan terimakasih kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Kecamatan atas upaya yang dilakukan dalam melaksanakan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Samosir Tahun 2016. 

"Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Samosir Tahun 2016 yang ke 44 ini dapat kita wujudkan dengan kinerja gerak PKK melalui dasawisma. Kegiatan ini diharapkan mendapatkan dukungan dari semua pihak, agar dapat berjalan dengan baik di seluruh Desa Kelurahan Kabupaten Samosir," kata Ny. Tina

Dirinya berharap, Tim Penggerak PKK dapat merangkul dan membina kader-kader di Desa dan Kelurahan. "Saya harapkan adanya koordinasi semua pihak, baik antara camat, pimpinan Puskesmas, PPLKB serta Bidan Desa demi tercapainya program ini dengan baik," ucapnya.

Pantauan wartawan di lokasi, acara dihadiri Camat Pangururan, Camat Simanindo, Camat Onanrunggu, Camat Nainggolan, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, Pemuda dan Olahraga, Kepala BPMPOD, Kepala RSU Hadrianus Sinaga, TP. PKK Kabupaten, Staf Puskesmas Buhit, dan Staf BKKBN Kabupaten Samosir.

Oleh: Marcopolo
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment