Satu Unit Rumah Adat Batak Di Desa Lumban Pinggol Hangus Terbakar

Bangunan berbentuk rumah adat milik Op. Pratama yang hangus terbakar di Desa Lumban Pinggol | foto: Marco Tampan
Partukkoan - Samosir

Satu unit rumah adat batak milik Nai. Las atau Op. Pratama hangus terbakar sekira pukul 02.00 Wib dini hari, Senin (21/11/2016) di Desa Lumban Pinggol Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.

Menurut penuturan seorang warga, A. Harapan Sitanggang kepada partukkoan, pemilik rumah saat itu sedang beristirahat. Namun tiba-tiba diduga akibat korslet listrik, bagian rumah denga kondisi 75% terbuat dari kayu itu terbakar.

Sontak pemilik rumah akhirnya terbangun dan berupaya memadamkan api yang mulai membesar.

"Meski pemilik rumah berusaha memadamkan dengan air, tapi api terlanjur membesar dan warga sekitar sudah berusaha memadamkan api dengan alat sekadarnya," kata A. Harapan.

Pantauan wartawan di lokasi, rumah yang terbakar berada diantara rumah warga sekitar dengan jarak yang cukup dekat. Meski demikian, bangunan di sekitarnya tidak ikut terbakar.

"Memang, kondisi angin tadi malam tenang, tidak kencang. Pemadam dibantu warga dengan cepat memadamkan api," kata Sitanggang.

Pemadam yang diturunkan lanjut dia, sebanyak 3 unit pemadam. Sekitar pukul 02.30 Wib api kemudian dapat dipadamkan. Kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. 

Oleh: Marcopolo
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment