Tahun ini, Dana Desa Lumban Suhi Toruan Dialokasikan Untuk 7 Kegiatan

Salah satu pembangunan fisik Rabat Beton yang sudah rampung dikerjakan | Foto: Helbos
Partukkoan - Samosir

Sebesar Rp. 1.007.804.000 jumlah Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang digelontorkan untuk Desa Lumban Suhi-suhi Toruan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir untuk tahun ini, dialokasikan untuk 7 (Tujuh) kegiatan fisik. Demikian dijelaskan Kepala Desa Lumban Suhi-suhi Toruan Roy Situmorang melalui Sekretarisnya Desa Valentinus Simarmata kepada wartawan, Kamis (17/11/201) diruang kerjanya.

Dijelaskannya, 7 kegiatan fisik itu antara lain :

1. Pembangunan rabat beton di Sitorang Nabolon dengan anggaran Rp. 78.757.352 dari ADD.

2. Pembangunan rabat beton di Lumban Sinabang dengan anggaran Rp. 92.000.000 dari DD.

3. Pembangunan rabat beton di Lumban Tonga-tonga dengan anggaran Rp. 73.600.000 (DD).

4. Pembangunan rabat beton di Lumban Lontung dengan anggaran Rp. 63.560.000 (DD).

5. Pembangunan rabat beton di Sekolah Dasar (SD) Saur Nauli dengan anggaran Rp. 81.876.000 (DD).

6. Pengadaan Pompanisasi di Dusun 3 (Tiga) dengan anggaran Rp. 136.817.000, dan

7. Pembangunan rabat beton di Alngit dengan anggaran Rp. 140.760.000 (DD).

Lebih lanjut Valentinus menjelaskan, dari 7 kegiatan itu, 5 diantaranya sudah rampung 100 %. "Dari seluruh kegiatan itu, 5 diantaranya sudah selesai. Yang belum dikerjakan pembangunan rabat beton di Alngit karena dana belum cair. Sementara Pompanisasi sudah berjalan 40 %", jelasnya.

Namun seluruh kegiatan itu kata Roy, akan diupayakan rampung sebelum bulan Desember mendatang. "Kita akan mengupayakan seluruh kegiatan ini rampung sebelum Desember. Pompanisasi itu sendiri didalamnya adalah pembelian mesin, pipa dan juga pembangunan gedung mesin karena hal itu sangat dibutuhkan masyarakat petani padi," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Lumban Suhi-suhi Toruan Warpin Tampubolon melalui Sekretarisnya Banggas Manurung mengaku masih ada kekurangan pada pelaksanaan proyek Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.

"Proyek DD/ADD sudah berjalan, bahkan beberapa dari kegiatan fisik sudah selesai. Namun kami melihat masih ada kekurangan pada pelaksanaannya. Kepala Desa masih kurang transparan dalam pengelolaan anggaran yang ada, dan kita sudah beri peringatan lisan untuk itu," ujarnya.

Kedepan lanjut Banggas, Kepala Desa, Sekretaris Desa dan seluruh aparatur Desa Lumban Suhi-suhi Toruan diharapkan dapat bekerja secara maksimal melayani masyarakat, serta mengelola anggaran secara adil, jujur dan transparan. (Helbos)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment