Tingkatkan Wisatawan, Badan pelaksana Otorita Danau Toba Dibentuk

Danau Toba | IST
Partukkoan - Jakarta

Untuk mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia sekaligus untuk mempercepat pembangunan Danau Toba maka Menteri Pariwisata Arief Yahya melantik Badan Pelaksana Otorita Danau Toba di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Jakarta.

Ari Prasetyo terpilih sebagai Direktur Utama. Disaat yang bersamaa, Menpar juga melantik dan mengukuhkan Pengurus Pusat GIPI, Gahawisri, serta jajaran Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Kementerian Pariwisata.

Menurut Arief Yahya, Ari Prasetyo dipilih menjadi Dirut BPODT, karena Ari dianggap sebagai figur yang cocok dalam mewujudkan Danau Toba menjadi destinasi wisata kelas dunia. 

"Kriteria dari kami jelas dia harus punya karakter, jujur, dan berintegritas. Beliau adalah masterplanner, di Singapore 6 tahun, 2 tahun di Hongkong. Beliau biasa membuat masterplan resort atau area wisata, lama tinggal di Medan juga, jadi tepat lah Pak Ari yang mimpin," ucap Arief Yahya kepada wartawan, Rabu (30/11/2016).

Dikatakannya, tugas utama yang akan dilakukan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba yaitu membuat master plan pariwisata Danau Toba kemudian membuat masterplan infrastruktur di seluruh kawasan Danau Toba lalu KEK Pariwisata.

"Kita harus ada masterplan pariwisata, setelah itu itu masterplan infrastruktur, baru loan dari Worldbank bisa turun," kata Arief.

Menurut Arief, terbentuknya Badan Pelaksana Otorita Danau Toba ini akan mempermudah urusan manajemen dan perizinan. "Seperti yang saya katakan, 'Single Destinasion Single Management'. Saya targetkan masterplan Desember ini selesai, untuk keseluruhan 2017 selesai," tegas Arief.

Jika Danau Toba menjadi destinasi wisata terbaik di dunia maka Danau ini diharapkan mampu mendatangkan satu juta wisatawan mancanegara setiap tahunnya.

"Target kita tiap tahun 1 juta wisman, kalau sekarang saya bulatkan saja 250 ribu orang. Naik 4 kali lipat, tapi nggak usah khawatir, Danau Toba itu danau terbesar di Asia, yang terbaik, saya yakin tercapai," pungkasnya. (P-02/dtc)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment