Tolak Kasasi Jaksa, Sanmas Sitorus Dibebaskan MA

Sanmas Sitorus saat menjalani persidangan | Foto: Ist
Partukkoan - Jakarta

Sebagaimana dikutip dari situs panitera MA dalam websitenya, Kamis (03/11/2016) dengan perkara nomor 637 K/PID/2016 yang diadili oleh H. Margono, SH., MH., MM, H. Eddy Army, SH., MH, DR. Sofyan Sitompul, SH.MH memutuskan menolak permohonan Kasasi Jaksa. Hal itu berarti ketua Persatuan Masyarakat Adat Lumban Sitorus, Sanmas Sitorus dibebaskan Mahkamah Agung (MA).

Sebelumnya dikabarkan, Proses pidana yang dialami Sanmas penuh dengan nuansa kriminalisasi karena aktivitasnya memperjuangkan hak-hak adat. Sanmas Sitorus dituduh melakukan penganiayaan terhadap salah seorang karyawan PT TPL pada 14 Juli 2015 lalu, saat terjadi aksi demonstrasi di depan pabrik PT TPL.

Namun akhirnya upaya kriminalisasi itu berakhir dengan kemenangan di tangan masyarakat adat. Sebab, Senin, 25 Januari 2016 lalu, pengadilan negeri (PN) Balige yang dipimpin Derman P Nababan, dan beranggotakan Ribka Novita Bontong dan Astrid Anugrah, memutuskan secara bebas murni kepada Sammas Sitorus.

Perjuangan masyarakat adat itu dimulai sejak tahun 1997 silam. Saat itu masyarakat adat Lumban Sitorus sudah melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan dan memperoleh kembali hak mereka atas tanah adat yang diwariskan nenek moyang mereka Guru Datu Sumalanggak Sitorus dari pihak PT TPL.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment