Tomas Parbaba Minta Kejari dan Polres Samosir Komitmen Berantas Pungli

Partukkoan - Samosir

Tokoh masyarakat Parbaba Kecamatan Pangururan, Kingkong Pardomuan Sihaloho didampingi Pantas Simarmata ST yang juga Sekjend Himpunan Pemuda Pekerja Pengusaha Parbaba sekitarnya (Hipas) kepada wartawan, Sabtu (5/11) meminta Kejari dan Polres Samosir komitmen berantas Pungutan Liar (pungli) yang ada di setiap instansi. Baca juga: Wabup Samosir: Jika Ada Oknum ASN Lakukan Pungli, Akan Ditindak Tegas

Dikatakannya, seperti yang tertulis di dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, yang selanjutnya disebut satgas saber pungli. Disebutkan, pada bunyi pasal 6 ayat 2 yaitu, untuk melaksanakan tugas satgas saber pungli, pengendali atau penanggungjawab dapat mengangkat kelompok ahli dan kelompok kerja sesuai kebutuhan.

“Dimana kelompok ahli dimaksud berasal dari akademisi, tokoh masyarakat, dan unsur lain yang mempunyai keahlian bidang pemberantasan pungli," kata Pantas

Oleh karena itu kata dia, warga juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo yang telah mengundangkan peraturan tersebut. Sehingga diharapkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat bisa berjalan dengan baik.

Menanggapi hal itu, Kejari Samosir Edward Malau SH melalui Kasi Intel Edmond Purba menegaskan sangat mendukung pemberantasan pungli di wilayah Samosir.

“kita sangat mendukung pemberantasan pungli yang dilakukan oleh setiap instansi baik secara eksternal maupun internal. Karena apa pun namanya, pungli itu tidak dibenarkan dan apabila terbukti melakukan pungli akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” kata Edmond.

Hal senada juga dikatakan Kapolres Samosir AKBP Donald Simanjuntak, Sik. Dirinya sangat mendukung program tersebut dan akan segera melakukan koordinasi pihak lain. 

"Pada intinya kita sangat mendukung adanya penindakan terhadap pungli, sebagai wujud menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat. Dan akan segera kita kordinasikan dengan instansi terkait lainnya, dalam pembentukan satgas tersebut," tandasnya.

Oleh: Henjiro
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment