Ujian Nasional Dimoratorium, Tinggal Menantikan Inpres

Ilustrasi
Partukkoan - Jakarta

Ujian Nasional (UN) akhirnya dihapus. Hal itu merupakan keputusan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. "Dimoratorium, tahun 2017 ditiadakan," ucap Muhadjir, Jumat (25/11/2016).

Menurutnya, ujian akhir bagi siswa sekolah didesentralisasi. Pelaksanaan ujian akhir bagi siswa SMA-SMK dan sederajatnya diserahkan ke pemerintah provinsi sementera untuk tingkat SMP dan SD sederajatnya diserahkan ke pemerintah kabupaten/kota.

"Pelaksanaannya tetap standard nasional. Badan Standardisasi Nasional akan mengawal, mengontrol, mengendalikan prosesnya. Jadi tidak ada lagi itu supply-supply soal ke daerah dikawal polisi," kata mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Kelulusan siswa akan ditentukan oleh pihak sekolah. Itu artinya hasil ujian akhir bukanlah menjadi faktor penentu lulus atau tidak, namun menjadi salah satu pertimbangan. Muhadjir mengatakan bahwa Presiden menyetujui hal itu. Tinggal menunggu Instruksi Presiden (Inpres).

"Saya sudah dipanggil Pak Presiden, sebelum jumatan tadi saya dipanggil. Prinsipnya beliau sudah menyetujui, tinggal menunggu inpres," lanjut Muhadjir.

Ujian Nasional sambung Muhadjir akan kembali dibuka jika level pendidikan di Indonesia sudah merata. Sementara UN dimonatorium, pihaknya akan mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan agar merata se-Indonesia.

"Ujian Nasional tetap akan saya lakukan sesuai dengan amanah Mahkamah Agung kalau semua pendidikan di Indonesia sudah bagus. Makanya nanti akan pemetaan saja. Nanti kita lihat apakah perbaikan di 2017 cukup signifikan," katanya.

Pria yang lahir 29 Juli 1956 itu menyebutkan, untuk tahun selanjutnya belum bisa dipastikan apakah UN masih tetap dimonatorium atau tidak, namun dia menegaskan peningkatan kualitas sekolah secara merata dapat mecapai waktu hingga dua tahun karena sekolah yang ada dan di atas standar nasional baru mencapai 30 persen. (P-02)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment