Wisata di Kepulauan Nias Bisa Mendunia

Salah satu objek wisata di Kepulauan Nias | foto: net
Partukkoan - Nias

Potensi wisata yang ada di Kepulauan Nias ternyata cukup mendunia seperti wisata surfing lompat batu dan Bahari. demikian diungkapkan gubernur Sumatera Utara Ir. H Tengku Erry Nuradi pada pelaksanaan Pesta Ya’ahowu Kota Gunungsitoli dan Kepulauan Nias di Taman Ya’ahowu, Jalan Lagundri, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Sabtu lalu.

Untuk itu kata dia Pulau Nias harus terus dikembangkan dan dipromosikan ke seluruh wilayah agar dapat menarik jumlah wisatawan ke pulau itu.

“Karena hal itu dapat meningkatkan kontribusi sektor pariwisata terhadap pendapatan daerah bidang pariwisata di Kepulauan Nias,” kata Gubsu.

Dalam kesempatan itu dia juga mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat menyambut baik pelestarian budaya peningkatan potensi pariwisata keterampilan kerajinan dan juga kuliner yang ada di pulau Nias.

Ir. H Tengku Erry Nuradi, mengapresiasi usaha Pemda di Kepulauan Nias untuk berusaha mewujudkan event itu. Salah satu usaha yang dilakukan yaitu memberikan bantuan dana stimulus kepada setiap kabupaten/kota sebesar Rp. 100 juta.

Selain objek wisata Gubernur juga mengharapkan dilakukannya upaya perbaikan infrastruktur sekaligus pembenahan agar kegiatan itu akan semakin baik tahun berikutnya. Menurut dia jika kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan teragenda dengan baik, maka kegiatan tersebut akan masuk dalam agenda Kementerian Pariwisata.

"Agar Kepulauan Nias masuk dalam kawasan pegembangan Pariwisata Nasional. Dan akan meningkatkan Pendaatan Asli Daerah juga pendapatan masyarakat," katanya. 

Wali Kota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua dalam sambutannya menyebutkan bahwa sektor Pariwisata dan budaya adalah prioritas Kota Gunungsitoli dan Kepulauan Nias. 

Atas dasar itu, Pemerintah Kota Gunungsitoli mengharapkan dukungan dari semua pihak, baik masyarakat, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Pusat dalam percepatan pengembangan kepariwisataan di Kepulauan Nias. 

Hampir senada dengan Walikota Gunungsitoli, Bupati Nias Drs. Sokhiatulo, MM mewakili Forum kepala daerah (Forkada) se Kepulauan Nias mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan kerja keras seluruh Kepala Daerah se Kepulauan Nias dan semua pihak dalam mewujudkan Kepulauan Nias menjadi salah satu tujuan destinasi wisata Indonesia. 

Di akhir acara penutupan pesta Ya’ahowu, Gubsu memberikan benih padi dan jagung serta alat pertanian lainnya kepada warga kota Gunungsitoli dan Kepulauan Nias. Selain itu, dia juga menyerahkan hadiah bagi para juara dalam lomba pesta dari masing-masing kabupaten kota yang ada di Kepulauan Nias. (P-02/ant)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment