Banjir Besar Landa Jambi, Ribuan Rumah Terendam

Ilustrasi
Partukkoan - Jambi

Derasnya hujan beberapa hari terakhir membuat Sungai Batanghari Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi tidak dapat menampung volume air hujan. Akibatnya ribuan rumah terendam di kawasan itu. 

"Banjir yang terjadi merendam tujuh desa di tiga kecamatan Kabupaten Merangin, Jambi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Minggu (4/12/2016).

Dijelaskan, daerah paling luas yang terkena banjir berada di Kecamatan Tabir Timur, meliputi wilayah empat desa tergenang, diantaranya Desa Padang Kelapo, Desa Lebak Bento, Desa Ranto Tenang, dan Desa Kembang Bungo.

Sementara untuk Kecamatan Tabir Ilir, banjir merendam dua desa yakni Desa Ranto Limau Manis, dan Desa Ulak Makam. Kemudian di Kecamatan Margo Tabir satu desa yang terendam yaitu Desa Lubuk Bumbun.

Dalam kejadian itu, terdapat satu korban jiwa karena terseret arus banjir. "Satu korban jiwa ditemukan setelah terseret arus," ujar Sutopo.

Rumah warga yang paling banyak terkena banjir kata Sutopo berada di Desa Lubuk Bumbun, sebanyak 800 unit rumah terendam, dan di Desa Ranto Limau Manis sebanyak 245 unit rumah. BPBD setempat sudah melakukan proses evakuasi dan terus mendata para korban bencana.

Oleh: Dikki H
Editor: Rey
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment