Gerbang Swara Gelar Clean Up Danau Toba di Simanindo Samosir

Anggota Gerbang Swara bersama warga melaksanakan Clean Up Danau Toba, Sabtu (03/12/2016) di Pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir | Foto: Marco Tampan
Partukkoan - Samosir

Ratusan anggota Gerakan Membangun Swadaya Rakyat (Gerbang Swara) bersama warga setempat menggelar pembersihan Danau Toba (Clean Up) Sabtu (03/12/2016) di Pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir.

Ketua DPW  Gerbang Swara (Gerakan Membangun Swadaya Rakyat) Kabupaten Samosir Marhan Simbolon sebagai Ketua Panitia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah menjadikan Danau Toba sebagai ikon wisata internasional.

Selain mendukung Danau Toba sebagai Ikon Wisata Internasional, Gerbang Swara juga berharap Danau Toba sebagai warisan leluhur harus tetap dijaga kelestariannya. "Kegiatan ini dari kita, oleh kita dan untuk kita. Untuk itu kita jaga lingkungan kita dan kelestarian Danau Toba demi generasi kita nantinya," kata Marhan.

Di lokasi yang sama, Kepala Desa Simanindo J. Sihaloho mendukung dan menyambut baik kegiatan clean up yang diadakan Gerbang Swara. "Karena hal ini merupakan sebuah gebrakan untuk mendukung program Pemerintah Pusat mewujudkan Samosir sebagai ikon wisata internasional," kata Sihaloho.

Hal senada juga disampaikan Camat Simanindo Parissan Lumbangaol, selain mengapresiasi dan mendukung acara tersebut, Parissan mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk mendukung Danau Toba menjadi destinasi wisata internasional.

"Bulan lalu kita juga sudah melakukan hal yang sama di tempat ini. Clean up dan penanaman pohon kita laksanakan di sini. Ini wujud cinta kita kepada alam, sehingga harus dirawat dan dilestarikan," kata dia.

Situasi saat ini kata Pria yang suka senyum itu, adalah waktu menjelang liburan Natal dan Tahun Baru. Sehingga menurutnya, kegiatan pembersihan lingkungan harus semakin ditingkatkan. "Harapan kita, kegiatan seperti ini terus dilakukan. Dan saya ucapkan terimakasih kepada pihak Dinas Badan Lingkungan Hidup Provsu yang turut serta memberikan perhatian dalam kegiatan ini," tutur Parissan.

Sementara, Ketua Umum Gerbang Swara Tasimin, MT mengakui keindahan Danau Toba. Danau toba katanya merupakan anugerah Tuhan yang luar biasa. Menurutnya Samosir memang benar Negeri Indah Kepingan Surga. Dia juga bangga atas dukungan pemerintah Pusat terhadap Danau Toba sebagai destinasi wisata favorit Dunia.

"Kita besar dan membesarkan anak cucu di Danau Toba, jangan sampai tidak perhatian kita terhadap Danau Toba. Danau Toba jadi kebanggaan Indonesia kedepan. Ketika orang-orang bicara Indonesia, yang terngiang di pikiran adalah Danau Toba," kata Tasimin.

Dikatakannya, Gerakan Swara yang baru dibentuk 30 Oktober lalu, hadir untuk mendorong percepatan dan realisasi pembangunan di daerah-daerah Provinsi Sumatera Utara, termasuk Kabupaten Samosir. Meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan langsung masyarakat. "Kegiatan ini merupakan awal dan akan kita laksanakan secara berkelanjutan kedepannya," tandasnya.

Dalam acara itu turut diikuti Badan UPT Pengelola Kwalitas Air Danau Toba Badan Lingkungan Hidup  Provinsi Sumatera Utara, Organisasi Pengusaha Sejenis (OPS), Tokoh Masyarakat setempat dan Pelaku Wisata lainnya.

Oleh: Marcopolo
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment