Nyatakan Sikap, Bupati Katingan Bakal Dimakzulkan

Kesepakatan DPRD Katingan | foto: dtc
Partukkoan - Jakarta

Pasca tertangkap basah melakukan perselingkuhan dengan FY, Bupati Katingan Ahmad Yantenglie bakal dimakzulkan DPRD Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Kesepakatan DPRD tersebut terungkap dari rapat bersama yang dilakukan seluruh fraksi. 23 dari 25 anggota DPRD yang sepakat untuk melakukan pemakzulan terhadap Ahmad Yantenglie. Namun dengan catatan pemakzulan itu dilakukan setelah DPRD melakukan konsultasi ke beberapa pihak.

"Hasilnya, kita akan melakukan konsultasi ke Mendagri, Mahkamah Agung, kemudian ke kabupaten yang pernah memakzulkan bupatinya, yakni Kabupaten Garut, juga konsultasi Pemprov Kalimantan Tengah," ucap Ketua Komisi I DPRD Katingan Karyadie, Senin (9/1/2017) malam.

Konsultasi tersebut kata Karyadie perlu dilakukan agar keputusan itu tidak keliru nantinya. Pihak-pihak yang akan didatangi juga dianggap kredibel dalam masalah ini, termasuk Kabupaten Garut, yang pernah melakukan pemakzulan terhadap Aceng Fikri, yang saat itu menjadi bupati. 

"Kita sepakat, bulat, pemakzulan. Tapi prosedurnya kan ada tahapan yang harus dilalui. Supaya tidak keliru, kita konsultasi dulu," tambahnya.

Karyadie mengatakan tidak ada batas waktu kapan konsultasi itu harus selesai dilakukan. Namun, jika sudah melakukan konsultasi, DPRD Katingan akan segera melakukan rapat untuk mengambil langkah lanjutan.

Menurutnya, setelah konsultasi dikakukan, maka akan dilakukan rapat di internal DPRD. Usai menyampaikan permohonan ke Mendagri kemudian ke MA. "MA akan melakukan klarifikasi ke tempat kejadian perkara, yakni katingan. Di situ MA akan membuat keputusan," ucap Karyadie. (P-02/dtc)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment