Gempa Bumi Landa Kota Medan

Partukkoan - Medan

Gempa dengan kekuatan 4,5 Skala Richter (SR) yang melanda Deli Serdang dan Kota Medan Sumatera Utara, Jumat (10/02/2017) membuat warga berhamburan keluar rumah. Bahkan gempa susulan terjadi beberapa kali.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat sekitar 24 kilometer (Km) arah Barat Daya, Medan. Gempa berada di kedalaman 10 km, dan tidak jauh dari kawasan Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo. Getaran gempa juga dirasakan warga di Brastagi, Medan dan Tuntungan dengan skala intensitas Mercalli (MMI) di level II-III-IV.

Pusat gempa itu terjadi di titik koordinat 3,34 derajat Lintang Utara (LU) dan 98,5 derajat Bujur Timur (BT). Belum ada laporan korban jiwa atas gempa itu.

Seorang warga mengaku gempa sangat terasa ketika berada dalam bangunan bertingkat. "Waktu di dalam, suaranya gempa seperti gemuruh, bahkan bangunan bertingkat ini bergoyang," katanya.

Dikatakan, gempa pertama terjadi sekitar pukul 01.00 WIB. Setelah itu, masyarakat kembali merasakan gempa susulan. Menjelang pagi, gempa dirasakan lumayan kuat.

Beberapa waktu lalu, Senin (16/1) malam juga pernah terjadi gempa di Deli Serdang dan juga membuat warga berhamburan keluar rumah dan bangunan. (P-02)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment