Teliti Gempa Di Deliserdang, Ilmuwan Jepang Didatangkan

Peta Lokasi Gempa Bumi | foto: BMKG
Partukkoan - Medan

Gempa yang terjadi di Deliserdang hingga terasa sampai ke Kota Medan ternyata menjadi bahan perbincangan masyarakat. Bahkan, tidak sedikit warga mengaku resah atas gempa yang terjadi baru-baru ini.

Untuk menjawab keresahan warga itu, anggota DPD RI asal Sumatera Utara, Parlindungan Purba mengaku saat ini peneliti gempa dari Jepang sudah turun ke Deliserdang untuk melakukan kajian.

“Sudah kita minta agar BMKG Pusat melakukan penelitian dan saat ini BMKG Pusat bekerjasama dengan peneliti dari Jepang sudah turun ke lokasi,” ucapnya saat menghadiri press conference di Kantor BMKG Wilayah I Medan, Jalan Ngumban Surbakti, Medan, Rabu (15/2).

Sebagai ketua Komite II DPD RI yang membidangi kebencanaan dirinya mengaku, pihaknya banyak menerima keluhan dari masyarakat akibat banyaknya informasi simpang siur mengenai gempa yang terjadi.

"Banyak masyarakat yang resah karena info yang menyebut gempa berkaitan dengan Sinabung, dengan Danau Toba ini yang kita minta dijelaskan,” tandasnya.

Kepala BPBD Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis menyebutkan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dalam waktu dekat akan merilis hasil penelitian tersebut bersama dengan seluruh stakeholders yang berkaitan dengan kebencanaan. " Jumat ini akan kita rilis hasilnya. Supaya semua dapat memahami dan memberikan edukasi bagi masyarakat," pungkasnya. (P-02/Mt)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment