Goyang, Gempa Keras Kembali Terjadi di Medan

Ilustrasi Gempa
Partukkoan - Medan

Gempa kembali menggucang Kota Medan, Sabtu (18/03/2017) dan belum diketahui info detail magnitude gempa yang terjadi sekitar pukul 17:48 tadi.

Gempa keras itu terjadi dalam hitungan lima detik, namun membuat warga terkejut dan sempat goyang. "Lumayan keras bang, tapi cuman lima detik," kata Dame warga medan saat dihubungi partukkoan. 

Sebelumnya gempa dengan skala kecil memang sering terjadi di kota Medan dan sekitarnya. Informasi dihimpun, terakhir Jumat (17/3/2017) kemarin sekitar pukul 16:20 WIB. Berkekuatan 3,0 Skala Richter di 2 kilometer barat laut Nainggolan, Samosir. Namun gempa ini tak terasa hingga ke Medan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memastikan tiap tahunnya lempeng tektonik yang ada di Sumatera bergeser. Hal itu mengakibatkan terjadi guncangan-guncangan kecil di beberapa wilayah Sumatera seperti Karo dan Deliserdang.

"Pertahunnya itu lempeng tektonik yang bergeser mencapai 70 milimeter. Akibat pergeseran ini, secara tidak langsung terjadi 209 kejadian," ucap Kepala Pusat Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan didampingi Staffnya, Retno Agung, beberapa waktu lalu. (P-02)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment