KPK Temukan Bukti Baru Kasus TPPU Walkot Madiun

Foto: Net
Partukkoan - Jakarta

Dugaan tindak padana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan Wali Kota Madiun Bambang Irianto saat ini sedang diusut secara intensif oleh pihak KPK. Bahkan kini pihak KPK menemukan bukti baru.

Jumat (17/02/2017) lalu, Bambang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU). Dia diduga membelanjakan, mentransfer, memindahkan, dan menyamarkan uang hasil korupsinya ke beberapa aset. KPK telah menyita beberapa aset milik Bambang.

Bukti baru itu berupa penyamaran sejumlah aset milik Bambang yang mengatasnamakan keluarga. Nama keluarga yang digunakannya yakni Bonie Laksamana dan E Suliestiyawati, anak serta istri politikus Partai Demokrat tersebut.

"Kami sudah temukan aset dan bangunan atas nama istri dan anak, rekening atas nama istri," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, di kantornya, Jakarta, Selasa 28 Februari 2017.

KPK kemudian memeriksa Bonie dan Suliestyawati kemarin. Keduanya diperiksa terkait dugaan TPPU yang menjerat Bambang.

Penyidik KPK lanjut Febri, masih mendalami tentang aset tersebut. Penyidikan ini terkait waktu pembelian aset itu, sebelum atau sesudah kasus suap pembangunan pasar besar Madiun ini terjadi.

"Kami memang mendalami kapan perolehan aset tersebut. Karena ada informasi, ada tanah dan bangunan yang diatasnamakan anak dan istri. ini penting untuk dalami TPPU karena untuk pembuktian di persidangan nanti. Sebagai saksi wajib berikan keterangan dengan benar," terang Febri.‬

Selain dugaan kasus pencucian uang, Bambang Irianto sebelumnya juga terjerat dalam kasus korupsi pembangunan pasar besar Madiun pada 2009-2012. Selain korupsi, Bambang diduga menerima gratifikasi terkait perkara yang sama senilai Rp 50 miliar.

Uang itu diterima Bambang dari sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Madiun dan pengusaha. Tak hanya berkaitan dengan proyek Pasar Besar Madiun, uang yang diterima Bambang ini juga berkaitan dengan honor pegawai, perizinan, dan hal-hal lain yang diduga tidak sah. (P-02/lp6)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment