Mantap, SD Santo Mikael Kembali Raih Juara I OSN Tingkat Kabupaten Samosir

Foto bersama siswa yang meraih juara dan kepala sekolah, guru serta Kadis Pendidikan Kabupaten Samosir | foto: Suriono
Partukkoan - Samosir

Sekolah Dasar (SD) Santo Mikhael kembali meraih juara I Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten Samosir setelah sebelumnya juga telah meraih juara selama 4 kali berturut-turut.

Tahun ini, Louis C.E.P. Naibaho siswa kelas V menjadi siswa yang mampu mengharumkan nama sekolahnya itu. Dirinya mampu meraih juara I dalam mata pelajaran Matematika SD se-Kabupaten Samosir dengan skor tertinggi dari keseluruhan peserta SD dan SMP melewati passing Grade Kabupaten (skor 60) yakni skor yang diraihnya skor 65. Louis juga akan mewakili Kabupaten Samosir menuju Olimpiade Sains Nasional tingkat Propinsi se-Sumatera Utara.

Kepala Sekolah SD Santo Mikhael Pangururan, Lenna Piolenta Naibaho, S.Pd megaku bersyukur atas prestasi yang diraih oleh anak didiknya dalam ajang OSN ini.

“Kami sangat bersyukur bisa kembali memenangkan lomba OSN ini dan akan kita persiapkan untuk memenangkan lomba di Tingkat Propinsi nanti. Saya secara pribadi juga mengucapkan terima kasih kepada tim pembimbing, Nova Lince Sembiring, S.Pd yang telah menyiapkan  Louis C.E.P. Naibaho dengan sebaik-baiknya,” ujar Lenna.

Orangtua Louis, Renaldi Naibaho yang turut mendampingi, merasa bangga atas prestasi anak sulungnya tersebut.

Ia mengatakan bahwa anaknya itu sejak kelas 1 SD sudah berprestasi dengan meraih rangking 1 di kelasnya. "Tidak ada trik khusus dalam membimbing Louis, hanya saja selain pelajaran reguler, ia juga kami masukkan les sore," terang Renaldi Naibaho.

Selain Louis, dalam mendidik anak-anaknya, ia mengaku tidak memaksakan kehendak kepada anaknya. Namun prinsip yang ia terapkan yakni mendidik dengan menyeimbangkan IQ dan EQ anak-anaknya.

Kegiatan lomba OSN yang terdiri dari Mapel IPA dan Matematika untuk SD, Matematika, IPA, IPS untuk SMP ini digelar di SMP N 3 Parbaba Pangururan, Sabtu 11 Maret 2017 dengan peserta SD dan SMP se-Kabupaten Samosir.

Tercatat, para juara OSN mata pelajaran IPA untuk tingkat SD yakni, juara 1 diraih oleh Melani Sinaga dari SD 24 Pallombuan dengan skor 54. Juara 2, skor 53 diraih SD N 27 Huta Namora oleh Rey D. Manik, Juara 3, dengan nilai 48,5 diraih oleh Grace Maduma Sidauruk dari SD 24 Cinta Dame.

Untuk Mata Pelajaran Matematika tingkat SD, juara 1 dengan skor 65, diraih oleh Louis C.E.P. Naibaho murid SD Santo Mikhael Pangururan. Juara 2, skor 47 diraih Teresia Siallagan dari SD 25 Tuktuk Siadong, Juara 3 dengan skor 44 diraih oleh Risky Gultom.

Untuk Mata pelajaran IPS tingkat SMP, Juara 1 dengan skor 38 diraih oleh Angelica Simanjuntak dari SMP N 1 Sitiotio. Juara 1 mata pelajaranIPA diraih oleh Ekariani Simbolon dari SMP Pembangunan dengan skor 50 dan mata pelajaran Matematika juara 1 diraih oleh Amanda Simbolon skor 32 dari murid SMP 3 Pangururan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir, Drs. Rikardo Hutajulu, M.Pd, lewat sambutannya menyampaikan, lomba OSN tingkat Kabupaten Samosir ini telah dilakukan dengan sebaik mungkin sehingga yang mewakili Kabupaten Samosir pada OSN tingkat Propinsi adalah bibit-bibit unggul.

"Kepada anak-anak kami yang tidak juara, jangan kalah semangat karena masih ada kesempatan di lain waktu. Untuk yang juara, kami ucapkan selamat dan restasi yang sudah diraih oleh peserta didik kita sudah baik, tetapi perlu ada peningkatan yang lebih baik lagi karena masih ada yang belum melewati passing Grade Kabupaten yakni, 60," ucap Rikardo Hutajulu.

Selanjutnya, sebelum diberangkatkan mengikuti OSN tingkat Propinsi, para peserta OSN yang juara akan dibimbing oleh Institut Surya milik Johannes Surya selama 5 hari pada Senin-Jumat mendatang di Hotel Dainang Pangururan.(SBS)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment