Pemkab Samosir Gelar Sosialisasi Pembebasan Lahan 2 Desa Di Pangururan

Partukkoan - Samosir

Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar sosialisasi pembebasan lahan di Aula HKBP Bolon Pangururan, Senin (20/03/2017). Sosialisasi ini merupakan sosialisasi pertama untuk pembangunan pelebaran jalan nasional Simpang 4 Pangururan menuju Parbaba.      

Dalam sosialisasi tersebut dihairi, Kepala Dinas PU Ir. Pantas Samosir, Asisten I Pemerintahan Drs. Mangihut Sinaga, Kepala BPN Samosir Jusen Faber Damanik, SH, Sekretaris Dinas Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Drs. Kamintar Sinaga, Sekcam Pangururan Ronal M. Sinaga, Kabag Tata Pemerintahan Mangihut Situmeang, Sos dan para pemilik lahan Desa Parsaoran I dan Desa Saitnihuta.

Kesempatan itu, Asisten I Pemerintahan Mangihut Sinaga, menyampaikan tujuan diadakan pertemuan tersebut untuk membicarakan pembebasan lahan warga yang akan diperuntukkan bagi pembangunan pelebaran Jalan Nasional. 

"Kesiapan pihak Pemerintah Kabupaten Samosir dalam menyambut pembangunan jalan Nasional ini sekaligus meminta dukungan dari berbagai pihak khususnya warga pemilik lahan supaya sehati sepikiran," kata Mangihut.

Menurutnya, persoalan pembangunan bukan sepenuhnya tergantung kepada pemerintah. "Akan tetapi pembangunan jalan lanjutan ini akan berjalan sukses jika bersama dilakukan dengan masyarakat. Dan ini harus sukses," tambahnya.

Sementara, secara teknis Kepala Dinas PU Kabupaten Samosir Ir. Pantas Samosir menerangkan bahwa pelebaran yang dikerjakan selebar 14 meter. "Yaitu 7 meter jalan aspal, 2 meter bahu jalan dan 1,5 meter untuk saluran atau drainase kiri kanan jalan," katanya.

Sementara seorang pemilik lahan mengakui hingga acara sosialisasi, masalah harga untuk ganti rugi belum diberitahu. "Sampai selesai belum ditentukan harga ganti ruginya, karena sosialisasi ini akan berlanjut lagi. Kan masih pertama, jadi masih ada rapat lagi," ucap Sitanggang salah seorang pemilik lahan.

Oleh: Naomi
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment