Satgas Saber Pungli Samosir Dibentuk

Wabup Samosir Ir. Juang Sinaga saat memberikan sambutan dalam acara pengukuhan Satgas Saber Pungli
Partukkoan - Samosir

Satuan tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Kabupaten Samosir resmi dibentuk dan dikukuhkan, Selasa (07/03/2017) di Aula Kantor Kementerian agama (Kemenag) Samosir. 

Dalam Satuan tugas Saber Pungli itu diantaranya terdiri dari kelompok kerja unit intelijen, kelompok kerja unit pencegahan, kelompok kerja unit penindakan, dan kelompok kerja unit yustisi. Pembentukan itu juga tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 7 Tahun 2017.

"Pemberantasan Pungli sangatlah penting. Pungli yang sekarang marak terjadi sangat menghambat terlaksananya proses pembangunan. Untuk itu, unit Satgas Saber Pungli harus konsisten dan serius membasmi dan memberantas praktek-praktek Pungli di Kabupaten Samosir," kata Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga dalam acara tersebut.

Menurut Juang, kehadiran Satgas Saber Pungli, dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap Pemerintah. Dengan terbentuknya satgas tersebut, keadilan dan kepastian hukum, juga dapat ditegakkan.

Juang Sinaga berharap, unit Satgas Saber Pungli Kabupaten Samosir agar bekerja dengan tulus, jujur dan responsif untuk menerima masukan dari masyarakat. "Dan dalam bekerja, tidak hanya melakukan penindakan semata, namun harus mampu melakukan upaya-upaya preventif, seperti sosialisasi, penyuluhan, pelatihan, serta kegiatan lainnya untuk mencegah terjadinya pungutan liar yang mungkin bisa terjadi dimana saja," ucap Juang.

Di lokasi yang sama, Kepala kantor Kementerian agama (Kemenag) Kabupaten Samosir Tawar Tua Simbolon mengaku sangat mendukung terbentuknya unit Satgas Saber Pungli Kabupaten Samosir.

Pungli kata Dia, sangatlah merugikan masyarakat. "Selain itu, keberadaanya juga bisa menghambat kinerja dan fungsi pemerintah yang mendapat amanat," tandasnya.

Turut hadir dalam acara, Kejari Samosir Edward Malau, Kapolres Samosir AKBP. Donald Simanjuntak, anggota DPRD Samosir dan pimpinan SKPD. (Hreys)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment