Selain Pos Jaga Poldasu, Ini 4 Tempat Yang Diincar Pelaku Teror

Polri menggelar jumpa pers terkait teror di Polda Sumut | Foto: dtc
Partukkoan - Jakarta

Selain pos jaga Polda Sumatera Utara (Poldasu), ternyata ada 4 tempat lain yang akan dijadikan pelaku teror sebagai target berikutnya. Hal itu terungkap saat Polri menggelar jumpa pers terkait teror di Polda Sumut beberapa waktu lalu di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (30/6/2017).

"Dalam melakukan surveinya tidak hanya ke Polda Sumatera Utara, mereka juga melakukan survei di tempat-tempat lain seperti Markas Komando Sat Brimob Polda Sumut," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto.

Para pelaku teror lanjutnya, juga mensurvei Kodam Bukti Barisan, Polsek Tanjung Rawa, serta Markas Yon Zipur. Dimana tempat-tempat itu disurvei untuk dijadikan target di waktu yang tepat.

"Khusus untuk penjagaan Polda Sumatera Utara mereka telah lakukan survei satu minggu dan mereka mendapatkan kelemahan di pintu tengah. Jadi ada penjagaan di kanan kiri, pintu tengah jaraknya agak jauh, sehingga mereka lompat dari pagar tengah, di situlah mereka masuk, kemudian mendapati Aiptu Sigalingging sedang istirahat dan gugur terbunuh di situ," terangnya.

Beberapa barang bukti yang ditunjukkan Polri dalam konferensi pers tersebut diantaranya berupa 2 bilah pisau, tumpukan buku bersampul ISIS, sendal jepit, hingga KTP atas nama Saifuddin Lingga.

Dalam konferensi pers juga disebutkan bahwa SP salah satu pelaku, merupakan mantan teroris yang pernah melakukan pendalaman terorisme di Suriah selama 6 bulan. Sepulang dari Suriah SP kemudian merekrut tetangganya untuk menjadi tim survei.

Tetangganya yang direkrut merupakan pedagang kecil, di lingkungan tempat jualannya, tiga yang direkrut atas nama AR kemudian FP, kemudian HP.

Salah satu yang direkrut tewas tertembak dan satu lagi luka dibagian kakinya. "Hasil pengembangan, kemudian ditangkap inisial FP kemudian HP. Yang tertangkap berperan sebagai tim survey," katanya.

Oleh: Risma
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment