Desa Sialanguan Samosir Tahun Ini Kerjakan 4 Kegiatan Fisik Dari Dana Desa

Partukkoan - Samosir

Program Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN telah berjalan selama dua tahun sejak dikuncurkan tahun lalu. Dana tersebut juga tehitung sangat besar, sehingga penggunaanya harus benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Bahkan lembaga anti rasuah seperti KPK sudah langsung memberikan warning kepada penggunaa anggaran agar tetap jujur dan benar menggunakan dana tersebut.

Hal itu terbukti, ketika KPK menjerat seorang Kepala Desa atas kasus penyalahgunaan anggaran dana desa. "Operasi tangkap tangan (OTT) di pamekasan, berawal dari laporan indikasi penyimpangan dana desa yang diduga dilakukan di level Kepala Desa. Namun merembet sampai ke bupati dan kejaksaan negeri setempat," ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Jumat (4/8/2017) lalu.

Sementara itu, pelaksanaan dana desa di Kabupaten Samosir terbilang cukup baik. Transparansi penggunaan anggaran sepertinya menjadi hal utama. 

"Tahun lalu, ada 5 kegiatan fisik yang kita kerjakan dari Dana Desa. Tiga diantaranya pembangunan tali air, satu rabat, dan satu lagi pembangunan embung," kata kepala desa Sialanguan melalui sekretarisnya Kartua Simarmata diruang kerjanya, Senin (07/08).

Sementara tahun ini kata Kartua, Dana Desa dialokasikan untuk 4 kegiatan fisik sesuai hasil musrenbang desa. "Setiap kegiatan sudah kita pampangkan di baliho. Itu kita lakukan, sebagai bentuk transparansi penggunaan Dana Desa. Sehingga seluruh masyarakat mengetahuinya," lanjutnya.

Adapun 4 kegiatan fisik desa Sialanguan tahun ini, yakni pembangunan tembok penahan (Pengaman Ladang) akibat akses dari pembangunan plat duiker Lumban Dugul senilai Rp. 60.220.843, Peningkatan jalan Situngkir londut-Lumban Pasir Rp. 160.000.000.

Kemudian peningkatan jalan dari simpang jalan nasional (Manda) Lumban Dugul-Perladangan Rp. 352.242.000, dan peningkatan jalan huta Godang menuju pantai Rp. 200.000.000.

Meski demikian, ternyata penyerapan dana desa di wilayahnya tersebut masih kurang maksimal. Hal itu terbukti dari baliho infografik APBDesa Sialanguan, Kecamatan Pangururan tahun ini, dicantumkan jumlah Sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) tahun sebelumnya Rp. 131.528.843. Dan jumlah ADD, DD dan bagi hasil pajak desa Sialanguan 2017 Rp. 1.057.829.000. 

Oleh: Helbos
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment