Kapolres Samosir Ziarah Ke Tugu Raja Ompu Sigodang Ulu

Kapolres Samosir AKBP Donald P. Simanjuntak (tengah) bersama Tokoh Pemuda Sihotang Marco Sihotang (kiri) dan Rico Sihotang (kanan) | foto: Hatoguan Sitanggang
Partukkoan - Samosir

Kapolres Samosir AKBP Donald P. Simanjuntak Sik, ziarah ke tugu Raja Ompu Sigodang Ulu Sihotang sekaligus untuk menerima berkat dari hula-hula (tulang), Kamis (10/8) di Kecamatan Harian Kabupaten Samosir. 

Kedatangan orang nomor satu di kepolisian Daerah Samosir itu disambut hangat oleh warga setempat, khususnya warga Kenegerian Sihotang.

Pada acara itu ikut hadir para keturunan Ompu Sigodang Ulu Sihotang diantaranya, utusan dari Raja Jolo Sipardabuan, Sorgani Musu, Sitorban Dolok, Sirandos, Simarsoit, Hasugian dan Siraja Tunggal (orang kaya tua) serta dihadiri ratusan warga.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Samosir menerima berkat (pasu-pasu) berupa "Ulos Pasu-Pasu" dengan cara adat budaya yakni ritual manortor dari pengetua adat. "Selain doa, pemberian ulos ini adalah tanda keinginan tulus dengan harapan nantinya, Sang Pencipta memberikan kesehatan, umur yang panjang dan juga karir yang lebih baik," kata Ompung Gabe atau sering dipanggil Amani Borsak Sihotang.

Usai acara, Kapolres Samosir AKBP Donald P. Simanjuntak S.ik mengaku terharu sekaligus mengucapkan terimakasih kepada seluruh Penatua Adat dan masyarakat setempat.

"Saya sangat terharu atas penyambutan para tulang, dan opung dalam acara ziarah ini. Meski secara umum saya belum pernah berbuat apa-apa, namun dari nilai penghargaan ini, saya sangat bangga. Semoga doa para tulang dan opung saya dapat turwujud," kata Donald.

Sementara, Jamontang Simarmata mengapresiasi langkah Kapolres melakukan ziarah itu. Menurutnya, hal itu merupakan alat perekat atau mengingat akan sejarah dalam tatanan sosial bagi orang batak dalam kaitannya kepada pelestarian Budaya batak.

Oleh: Hatoguan Sitanggang
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment