Panitia Pembangunan Paromasan Raja Sitanggang Dibentuk

Rapat Pembentukan Panitia Pembangunan Paromasan Raja Sitanggang Siopat Sada Ina Dan Borunya | foto: M. Sitanggang
Partukkoan - Samosir

Acara pembentukan panitia Pembangunan Pemugaran Paromasan Tambak Ompu Raja Sitanggang Si Opat Sada Ina, Selasa (15/08/2017) berlangsung sederhana dan penuh keakraban di kediaman Saut Marulak Sitanggang, Pangururan.

Kegiatan itu diawali dengan acara adat istiadat Mardekke Saur Dekke Sitio Tio dengan tujuan pengembalian marwah kebersamaan atau pengikat satu kesatuan dalam bentuk kerinduan seluruh pomparan garis keturunan Raja Sitanggang.

Kepada Partukkoan, Saut Marulak mengatakan, dasar dari pembentukan ini ialah kesadaran untuk menyatukan seluruh Keturunan Raja Sitanggang Siopat Sada Ina agar tetap menghormati dan menjunjung tinggi para leluhur.

"Coba kita kenang kejayaan Raja Sitanggang dahulu kala, ompui adalah seorang pemimpin. Lalu sekarang, bagaiman kita bisa menjadi seorang pemimpin kalau kita tidak tahu sejarah nenek moyang kita. Apalagi sampai tidak menghormati dan menghargai mereka (para leluhur-red)," kata Saut.

Dirinya berharap dengan adanya panitia ini dapat menjadi cikal bakal sebagai wadah alat pemersatu bagi seluruh garis keturunan Raja sitanggang Siopat Sada Ina.

Hatoguan Sitanggang sebagai Pomparan Raja Jolo Sitanggang (Raja Sitempang) menuturkan, adapun rencana peletakan batu pertama pelaksanaan pemugaran Paromasan Ompu Raja Sitanggang Siopat Sada Ina dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2017 mendatang.

"Kita berharap agar, seluruh keturunan Raja Sitanggang tergerak hatinya mengikuti acara tersebut. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Pangururan. Tepatnya di Siantarantar Desa Lumban Pinggol Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir," terang Hatoguan.

Dari hasil musyawarah bersama, pantia yang terbentuk diketuai oleh Ir. Naris Sitanggang, Sekretaris Fernando Sitanggang, SH, dan tugas Bendahara di berikan kepada Budiman Malau.

Kemudian sebagai Dewan Pembina diantaranya ialah, Hatoguan Sitanggang, Saut Marulak Sitanggang, Asden Sitanggang, Maju Sitanggang, A.Makda Sitanggang, Hamonangan Sitanggang, Tahi Sitanggang, Gaya Malau, A. Timson Sinurat, A. Crosby Sigalingging, A. Sumi Sitanggang dan A. Saut Nainggolan dari Sohe marga Sitanggang. (***)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment