Paromasan Raja Sitanggang Siopat Sada Ina Dan Boruna di Samosir Segera Dipugar

Rapat Pemugaran Paromasan Raja Sitanggang Siopat Sada Ina Dan Boruna di Desa Lumban Pinggol | foto: Keturunan Raja Sitanggang
Partukkoan - Samosir

Para keturunan Sitanggang Siopat Sada Ina bersama boruna menggelar acara pertemuan di lokasi Hariara Si Gurdung, Desa Lumban Pinggol, Sabtu (05/8/2017) untuk membahas rencana pemugaran Paromasan yang terletak di Siantar-Antar Desa Lumban Pinggol Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.

Raja Sitanggang Siopat Sada Ina bersama boruna ialah gabungan marga yakni Ompu Raja Panungkunan, Ompu Raja Pangadatan, Ompu Raja Panguluoloan dan boruna Raja Malau, Raja Nainggolan dan Raja Sinurat.
Hariara Sigurdung
Kemudian bagiannya ialah Raja Panungkunan ialah Raja Sitanggang Bau. Raja Pangadatan ialah Raja Lipan, Raja Upar dan Raja Silo. Kemudian Raja Panguluoloan ialah Sigalingging.

"Dari hati yang paling dalam dan keinginan murni, kami tergugah untuk memperbaiki, memperindah dan memugar kuburan para ompung kami terdahulu, yang kami sebut dengan paromasan," kata Hatoguan Sitanggang.

Dikatakannya, ada hal yang tak dapat dipikirkan dengan logika atau hahomion yang datang kepada mereka para keturunan Ompu Raja Sitanggang. "Kadang tiba-tiba saja muncul dipikiran, ketika tidak diindahkan, sosok itu kemudian muncul dalam mimpi," katanya tanpa menjelaskan lebih jauh siapa sosok tersebut.

Rapat yang diikuti para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Sitanggang diantaranya, Tahi Sitanggang (mantan anggota DPRD Samosir), Saut Marulak Sitanggang, Asden Sitanggang, Budiman Malau dan yang lainnya itu berjalan dengan sangat alot dan penuh keseriusan.

"Saya sangat mendukung gagasan ini. Benar-benar mendukung karena adanya kerinduan di hati untuk merehab sekaligus menata kembali paromasan. Karena itu sangat sakral bagi kita," kata Tahi Sitanggang. 

Hal senada juga dikatakan Asden dan Marulak Sitanggang. Rencana ini kata mereka, ketika melihat kondisi kuburan para keturunan Ompu Raja Sitanggang dan boruna yang tidak terawat.

"Saya sendiri belum pernah ke Paromasan meski umur saya sudah menjalani 50 tahun ke atas. Ketika saya lihat, perasaan saya benar-benar miris. Paromasan ompui tidak terawat. Untuk itu, ada gerakan untuk membenahinya," kata Asden Sitanggang atau dipanggil Amani Agus Sitanggang.

Dalam rapat itu pun disepakati akan melaksanakan acara gotong royong untuk membersihkan lokasi pada hari Jumat (11/08/2017) mendatang.

"Untuk itu, kita semua diharapkan membawa peralatan sendiri ke lokasi untuk membersihkan sebelum dilakukan pemugaran," tandas Budiman Malau. 

Oleh: Rey Sitanggang
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment