Puluhan Granat Diduga Peninggalan Belanda Ditemukan Di Banjarnegara

Ilustrasi
Partukkoan - Banjarnegara

Sebanyak 29 granat ditemukan warga yang bekerja sebagai pembuat batu saat menggali tanah di Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah.

Granat itu diduga peninggalan masa penjajahan Belanda atau jepang dengan bentuk tabung kecil dan ditemukan di pakarangan rumah milik Riyanto (53), warga Desa Kebanaran Kecamatan Mandiraja. 

Kapolres Banjarnegara AKBP Nona Precillia Ohei mengatakan, benda itu ditemukan warga ketika menggali tanah untuk membuat batu bata. Saat itu, warga curiga dengan gumpalan tanah yang ada besi berkarat. Selanutnya warga melaporkan temuan itu kepada pemerintah desa setempat.

"Penemuannya pada hari Sabtu, saat Riyanto menggali tanah di pekarangan untuk membuat batu bata. Kemudian ada benda aneh, setelah digali lagi terkumpul ada 29 buah benda yang diduga granat," terangnya.

Esoknya, Minggu (20/8/2017) temuan itu dilaporkan ke polisi melalui Polsek Mandiraja. Untuk pengecekan dan memastikan aktif tidaknya benda itu, polisi langsung mendatangkan tim Gegana dari Purwokerto. 

Tiga benda itu lanjutnya, dibawa ke Purwokerto untuk dilakukan penyelidikan lebih jauh. Sementara sisanya, masih diamankan di Polsek Mandiraja.

"Sudah kami buka dan isinya berupa serbuk. Saat ini semua isinya sudah kami bakar. Sisanya yang ada di Polsek tinggal tempatnya saja jadi tidak membahayakan," kata dia.

Dirinya menduga, jika granat itu kemungkinan merupakan peninggalan jaman Belanda atau Jepang. Pihaknya juga menghimbau, agar warga segera melaporkan kepad polisi, jika menemukan benda mencurigakan di dalam tanah. 

Oleh: Radit
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment