Istri Perdana Menteri Israel Dituding Korupsi Dana Makanan

PM. Israel bersama istri Sara Netanyahu
Partukkoan - Samosir

Istri Perdana Menteri Israel Sara Netanyahu dituding telah melakukan korupsi dana negara untuk acara makan malam dan memesan makanan.

Dana itu digunakan untuk kepentingan pribadi, seperti makan malam dan pesanan makanan senilai 359.000 shekel (mata uang Israel) atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Walau sudah dikabarkan oleh berbagai media, perdana menteri sudah melakukan bantahan berita-berita di media melalui halaman Facebook dengan menyebutkan 'semua klaim atas Sara Netanyahu tidak masuk akal dan akan terbukti tidak berdasar'.

Selain itu, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sendiri ternyata juga ikut terseret kasus korupsi. Kasus korupsi itu diduga karena adanya pemberian hadiah dari pengusaha di Israel.

Menurut keterangan Kementerian Kehakiman setempat, kasus istri dari perdana menteri yang telah menjabat selama 11 tahun itu disebut "skandal pemesanan makanan". 

Diterangkan, adanya upaya Sara dan seorang asisten yang diduga memberi kesan seolah-olah tidak ada koki di kediaman resmi perdana menteri pada masa 2010-2013. Padahal, menurut Kementerian Kehakiman, ada juru masak yang bertugas.

Dengan alasan tidak adanya koki maka bisa diperoleh dana negara untuk penyediaan makanan dari luar, yang memang ditanggung jika tidak ada koki, seperti tertulis dalam pernyataan Kementerian Kehakiman Israel.

"Dengan modus seperti ini, ratusan makanan dari beberapa restoran dan koki senilai 359.000 shekel diterima dari negara secara curang," dikutip dari pernyataan itu. 

Walau diterpa kasus korupsi, posisi PM Netanyahu sepertinya tidak berdampak banyak. Karena hingga saat ini, belum ada seruan agar Netanyahu mengundurkan diri.

Oleh: Freddy S
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment